Biar Nggak Makin Parah, Kenali Tanda-Tanda Awal Gigi Berlubang

Biar Nggak Makin Parah, Kenali Tanda-Tanda Awal Gigi Berlubang

Gigi berlubang yang tidak ditangani bisa merusak gigi dan bukan tak mungkin mengakibatkan masalah yang lebih serius. Itulah kenapa mengetahui tanda-tanda awal gigi mulai berlubang dan segera mencari penanganan ke dokter gigi bisa mencegah kerusakan lebih lanjut.

Yuk kita kenali tanda-tanda awal gigi berlubang. Ingat ya, mencegah lebih baik daripada mengobati.

1. Sering sakit gigi

Sakit gigi yang yang sering terjadi bisa disinyalir sebagai sebuah tanda dari gigi berlubang

Dilansir The Healthy, nyeri sering kali merupakan gejala, dan nyeri bisa dirasakan di gusi di bawah gigi maupun di gigi itu sendiri. Kadang, kamu bisa merasakan sakit yang tajam dan akut, atau mungkin rasa sakit yang tumpul dan berdenyut. Keduanya bisa merupakan tanda gigi mulai berlubang.

2. nyeri saat mengunyah makanan

Saat sedang mengunyah lalu gigi anda terasa nyeri, ini bisa disebabkan gigi retak atau berlubang. Malah, Jika rasa sakitnya tajam saraf gigi anda mungkin telah terinfeksi dan sedang dalam proses pembusukan

Nyeri ini disebabkan karena syaraf di dalam gigi yang seharusnya terlidungi oleh lapisan pelindung berkenaan dengan objek asing

https://www.harapanrakyat.com/

3. Bau mulut atau sensasi tidak nyaman di dalam mulut

Bau mulut terjadi atas banyak sebab, salah satunya karena bakteri. Lubang gigi bisa menyebabkan penumpukan sisa makanan yang kemudian membusuk dan menghasilkan bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap.

Saat makanan berkarbohidrat seperti roti, sereal, susu, soda, buah, kue, atau permen tertinggal di gigi, mereka bisa menyebabkan pembusukan. Bakteri di mulut akan mengubahnya menjadi asam. Bakteri, asam, sisa makanan, dan air liur akan bergabung untuk membentuk plak yang menempel pada gigi. Asam dalam plak lama-lama merusak enamel dan akhirnya menciptakan lubang di gigi.

http://tradisionalsehat.com/

4. Sensitif terhadap suhu

Gigi yang berlubang membuat anda merasa tidak nyaman, karena gigi akan menjadi ngilu jika mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini perlu di waspadai sebagai tanda bahwa gigi berlubang.

Dilansir The Healthy, seorang pakar mengatakan kalau setiap gigi memiliki saraf di dalamnya, serta memiliki suplai darah untuk membantu gigi tumbuh dan berfungsi. Ketika lubang bertambah besar dan makin dekat dengan saraf tersebut, akhirnya perubahan suhu lebih mudah dirasakan.

http://pixabay.com

5. Noda gelap atau perubahan warna gigi

Tanda khas gigi berlubang adalah terlihat adanya lubang, tetapi beberapa kasus terlihat seperti bintik-bintik atau noda di permukaan gigi yang terinfeksi.

Dilansir Healthline, noda pada gigi mungkin diawali dengan bintik-bintik putih. Saat kerusakan gigi semakin parah, noda bisa menjadi lebih gelap. Noda yang disebabkan oleh gigi berlubang bisa berwarna cokelat, hitam, atau putih, dan biasanya muncul di permukaan gigi.

Bila ada noda atau perubahan warna di gigi, kunjungilah dokter gigi agar bisa dievaluasi.

https://www.sukmulsismamedika.com/

6. sensitif terhadap makanan dan makanan manis

Walaupun panas dan dingin adalah sensitivitas gigi yang paling umum bila ada gigi yang berlubang, tetapi kepekaan yang bertahan lama terhadap makanan dan minuman manis juga bisa menjadi tanda kerusakan gigi.

Mirip dengan sensitivitas suhu, rasa tidak nyaman akibat makanan dan minuman manis sering kali merupakan akibat dari kerusakan pada email gigi, dan terutama, awal gigi berlubang.

https://health.kompas.com/

7. berdarah saat menggosok gigi

Pendarahan saat menyikat gigi bisa terjadi karena iritasi gusi dari saraf yang rusak. Pendarahan berulang mungkin merupakan tanda adanya gangguan gusi atau gejala dari lubang gigi yang sudah dalam.

Apabila gigi berlubang di garis gusi, makanan bisa tersangkut dan terperangkap di sana dan menyebabkan masalah pada gusi. Bila lubangnya besar, darah bisa berasal dari gigi.

Tapi jangan khawatir, penyebab berdarah saat menggosok gigi ini banyak macamnya ya

https://unsplash.com/

Bila khawatir atau curiga punya gigi berlubang, sebaiknya segera buat janji temu dengan dokter gigi, atau saat merasakan sakit, ketidaknyamanan, atau gejala lainnya di gigi dan gusi khususnya yang tak hilang dalam dua hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk kontrol rutin setiap enam bulan untuk mencegah gigi berlubang atau menghentikannya bertambah besar atau mengakibatkan masalah lain yang lebih serius.

https://www.wajibbaca.com/