Sikap suka menunda pekerjaan sepertinya menjadi salah satu masalah yang menyerang generasi masa kini, mungkin kamu salah satunya. Nyatanya, kebiasaan tersebut bisa membuat pekerjaan kita menumpuk sehingga membuat keteteran saat mendekati tenggat waktu.
Agar kebiasaan ini tak semakin menjadi masalah, kali ini Paragram akan memberikan beberapa tips agar bisa belajar mengerjakan pekerjaanmu secara tepat waktu dan sekaligus menghilangkan kebiasaan menunda pekerjan yang berhasil kita rangkum dari beberapa sumber.
1. Beri Jeda
Bagi yang suka menunda pekerjaan, bisa jadi mereka termasuk orang yang mudah bosan. Oleh karena itu agar tidak merasa bosan, lebih baik memberi jeda yang teratur agar tidak terlalu jenuh dengan rutinitas pekerjaan kita. Misalnya, kamu bisa beristirahat 5-10 menit kemudian kembali melakukan pekerjaan.
2. Fokus
Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan (via Topcareer.id)
Buatlah komitmen dengan dirimu sendiri bahwa kamu akan fokus dengan pekerjaan yang akan kamu jalani. Hal ini memang susah untuk dilakukan akan tetapi kamu harus bisa mencobanya agar tidak lagi menunda pekerjaan.
3. Jauhkan Gadget dari Meja
Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan (via Bola.com)
Salah satu benda yang dapat mengalihkan perhatian kita dan juga menjadikan kita menunda pekerjaan adalah adanya gadget yang ada di depan kita tepatnya di atas meja kerja. Agar tetap bisa mengerjakan pekerjaan secara tepat waktu, sebaiknya simpan gadget di tempat yang sekiranya tidak mengganggu pekerjaan kita dan juga gunakan mode silent.
4. Siapkan Cemilan Sehat
Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan (via Indozone)
Untuk yang sangat menyukai cemilan atau bagi yang mudah lapar sebaiknya siapkan cemilan yang sehat di meja untuk menemanimu bekerja. Dengan adanya cemilan diatas meja kamu, maka waktu untuk mencari cemilan bisa dilakukan untuk mengerjakan pekerjaan sehingga dapat cepat selesai.
5. Buat Meja Kerja Senyaman Mungkin
Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan (via Klik Dokter)
Suasana meja kerja atau ruang kerja juga bisa mempengaruhi konsentrasi dan juga mood dalam mengerjakan pekerjaan. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menata meja agar selalu nyaman dan desainlah sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kamu agar ruang kerja atau meja kerja menjadi lebih nyaman digunakan untuk bekerja.
6. Atur Jadwal Setiap Hari
Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan (via IDN Times)
Dalam membuat jadwal harian, kamu harus menyusunnya secara ketat dan buatlah sebisa mungkin jadwal per jam agar kamu bisa melakukannya dengan konsisten tanpa melewatkan satu tugas yang diberikan.
Itulah beberapa tips mudah untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Mumpung belum tenggat, yuk segera selesaikan pekerjaanmu biar hidup tidak terburu-buru!
Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan (Fingerspot)