4 Kepunahan yang Pernah Terjadi di Bumi

mulai dari tumbuhan, hewan laut hingga darat, berikut kepunahan yang terjadi di dunia ini

Kamu pasti sering mendengar tentang punahnya dinosaurus dari dunia ini. Tapi tau nggak sih, selain dinosaurus ternyata ada lebih banyak kepunahan yang terjadi di dunia ini loh. Bahkan kabarnya manusia juga tidak luput dari kemungkinan punah dari Bumi.

Lalu kepunahan apa saja yang pernah terjadi di Bumi selama ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Kepunahan Ordovisium-Silur


Kepunahan ini terjadi sekitar 444 juta tahun yang lalu dan merupakan peristiwa kepunahan pertama pada zaman Fanerozoikum. Hampir semua kelompok taksonomi terpengaruh dengan kepunahan ini. Diperkirakan 49-60% genera laut dan hampir 85% spesies laut punah karena suhu Bumi yang relatif hangat sebelum pendinginan pada masa Ordovisium berakhir.

Kepunahan Devonian

(cfk-fossilien.de) wikipedia

Terjadi 375 tahun yang lalu pada akhir periode Devonian yang menghilangkan sekitar 19% dari semua famili, 50% dari semua genera dan setidaknya 70% dari semua spesies yang kemungkinan berlangsung selama 20 juta tahun lamanya. Banyak bukti atas kepunahan ini mulai dari tumbuhan, ikan, terumbu karang dan biota laut lainnya.

Kepunahan Perm-Trias

(dinopedia.fandom.com)

Pada 251 juta tahun yang lalu kepunahan terbesar terjadi. 57% dari semua famili, 83% dari semua genus, 53% keluarga laut, 84% genus laut, 96% dari semua spesies laut dan 79% spesies darat termasuk serangga mengalami kepunahan yang terjadi akibat Siberian Traps, sebuah gunung berapi yang meletus hampir selama 1-2 juta tahun lamanya.

Kepunahan Trias-Jura

Perm-Trias

200 juta tahun yang lalu sekitar 23%% famili, 48% genus, dam 70-75% semua spesies punah. Kebanyakan adalah archosaurs non-dinosaurus. Kepunahan ini disebabkan beberapa hipotesis mulai dari perubahan iklim secara perlahan, fluktuasi tingkat permukaan laut, tabrakan asteroid dan lainnya.

(thoughtco.com)