Viral Gus Dur Ternyata Sempat Minta Uang ke Anak Sebelum Wafat

Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur, sempat meminta uang sebesar 5 juta rupiah kepada anaknya lantaran tidak punya uang sama sekali

Kisah unik dan menarik datang dari Alissa Wahid, putri dari mantan Presiden Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid. Melalui cuitannya di akun twitter, ia bercerita tentang pengalamannya yang sempat diminta sejumlah uang oleh Sang Ayah.

Alissa Wahid bercerita lantaran menjawab pertanyaan komika Arie Kriting tentang hidup pejabat yang tidak melakukan tindak pidana korupsi. "Kadang bertanya-tanya, kalau ada pejabat yang nggak korupsi sama sekali, itu hidupnya kayak gimana ya?" tulis Arie Kriting di akun twitternya.

Alissa Wahid pun menjawab pertanyaan tersebut dengan beberapa cuitan. Ia berkisah tentang ayahnya, Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Dur, sempat meminta uang sebesar 5 juta Rupiah kepada dirinya lantaran tidak punya uang sama sekali.

"Awal Juni 2009, (Gus Dur) minta uang ke saya Rp 5 juta, hanya untuk pegangan karena Bapak tidak punya uang sama sekali," tulis Alissa Wahid.

Gus Dur (via Detik)

Masih dalam utas yang sama, Alissa Wahid bercerita sempat bertanya kepada ayahnya karena merasa heran tentang permintaannya tersebut. Ia menanyakan mengapa masih minta uang padahal banyak orang datang memberi amplop berisi uang kepada Gus Dur.

Gus Dur pun menjawab, jika uang yang ia terima tersebut bukanlah untuk dirinya, melainkan ia hanya sebagai perantara untuk disalurkan kepada rakyat yang membutuhkan.

Gus Dur (via Kompas)

Di cuitan berikutnya, putri sulung Gus Dur ini juga bercerita tentang kecurigaanya kepada orang-orang yang datang meminta bantuan ke Gus Dur. Ia beranggapan jika ayahnya tersebut hanya dimanfaatkan saja.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Gus Dur pun menjawab dengan santai. "Ya, ndak apa-apa. Tugas Bapak menyalurkan uang titipan orang-orang rakyat. Kalau rakyat yang datang itu bohong, itu urusan dia dengan Gusti Allah."

Gus Dur (via Suara)