Unik Banget, Ada Alat Diet Magnet Yang Dipasang Ke Gigi Supaya Gak Makan Banyak

Unik Banget, Ada Alat Diet Magnet Yang Dipasang Ke Gigi Supaya Gak Makan Banyak

Kamu susah menahan hawa nafsu supaya gak makan terus menerus? Nah, sejumlah ilmuwan asal Inggris sedang membuat sebuah alat yang bisa membantu kamu buat mengontrol nafsu makan.

Alat unik ini diciptakan oleh seorang ilmuwan dari Universitas Otago yang mengandalkan magnet dan ditempelkan pada gigi. Alat ini juga diklaim sebagai alat pertama di dunia, dimana para ilmuwan berupaya agar alat ini bisa mengatasi masalah obesitas secara global.

Dental Slim Diet Control adalah nama alat ini yang dibuat dari stainless steel. Cara penggunaannya yaitu dengan dipasangkan pada gigi geraham atas dan bawah, serta dilengkapi pengunci berbahan magnet.

Saat dipasang, maka pemakainya tak akan bisa membuka mulut selebar 2 mm sehingga si pemakai akan sulit untuk makan dalam porsi banyak. Namun, mereka masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Alat diet berbentuk magnet (detik.com)

Namun para ilmuwan menegaskan kalau alat ini tidak diperuntukkan untuk digunakan dalam jangka panjang, tapi hanya dalam kondisi tertentu. Misalnya saja pasien yang harus mengontrol asupan makan sebelum operasi atau sedang dalam program penurunan berat badan yang membutuhkan pengawasan dokter.

Alat diet berbentuk magnet (goodeyfeed.com)

"Untuk meluruskan, tujuan diciptakannya alat ini bukan untuk penurunan jangka panjang atau pendek, tapi lebih untuk membantu pasien yang harus operasi dan yang belum bisa operasi sampai mereka berhasil mengurangi berat badan," terang University of Otago, seperti dikutip dari World of Buzz.

Namun, alat magnet ini tidak disarankan dipakai dalam jangka waktu panjang, melainkan hanya 2 hingga 3 minggu saja. Dan itu pun harus dalam pengawasan dokter gizi.

"Setelah dua atau tiga minggu magnetnya bisa dilepas dan alatnya dicopot. Kemudian pasien harus menjalani diet ketat dan perawatan. Alat ini digunakan sebagai pendekatan untuk membantu penurunan berat badan yang dikontrol oleh ahli diet," jelasnya lagi.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, para peserta diminta memakai alat ini selama 2 minggu. Dan hasilnya, mereka dapat menurunkan berat badan hingga 6,3 kg. Sehingga hal ini membuat mereka semakin termotivasi untuk melanjutkan program diet hingga mencapai target yang diinginkan.

"Halangan terbesar dalam proses penurunan berat badan adalah disiplinn dan alat ini membantu para pelaku diet lebih disiplin menjalani diet rendah kalori untuk periode waktu tertentu. Alat ini benar-benar bisa memulai proses diet ketat," ujar ketua penelitian dari University of Otago Health Sciences Professor Paul Brunton

Alat diet berbentuk magnet (goodeyfeed.com)