Berapakah Dosis Vitamin C yang Tepat Yang Dibutuhkan Tubuh Dalam 1 Hari? Begini Kata Ahli Gizi

Berapakah Dosis Vitamin C yang Tepat Yang Dibutuhkan Tubuh Dalam 1 Hari? Begini Kata Ahli Gizi

Vitamin C memang diyakini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dikutip dari Healthline, selain meningkatkan imun, vitamin C juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen, menyembuhkan luka, serta bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

Tingginya manfaat vitamin C membuat banyak orang yang berbondong-bondong mengkonsumsi suplemen vitamin C hingga 1000mg.

Namun, menurut ahli gizi Diyan Yunanto Setyaji, S.Gz, MPH, mengkonsumsi vitamin C saat masa pandemi memang diperlukan. Tapi harus dalam batas dosis yang dianjurkan.

“Jika konsumsi (vitamin C) 1000 mg dalam sekali minum dan berlangsung selama isolasi mandiri (10-13 hari), justru berisiko gagal ginjal dan batu ginjal,” ujar Diyan Setyaji dalam unggahan Twitternya @diyansetyaji.

Mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi beresiko meningkatkan produksi oksalat, yaitu pencetus batu ginjal. Namun, untuk penderita Covid-19, vitamin C justru dibutuhkan dalam dosis tinggi yakni 500 mg non-acidic setiap 12 jam selama 14 hingga 30 hari. Dan pastikan pula si pasien harus mengkonsumsi air putih yang cukup.

Ilustrasi vitamin (tribunnews.com)

“Benar bahwa penderita covid-19 membutuhkan asupan vitamin C yang lebih tinggi, tetapi tidak lewat suplemen minuman bersoda dengan kandungan vitamin C 1000 mg,” ujarnya.

Diyan Setyaji juga menyarankan untuk setiap orang mengkonsumsi vitamin C maksimal 90mg untuk pria dan 75mg untuk wanita. Apabila ingin mengkonsumsi vitamin C berbentuk minuman atau suplemen, maka dianjurkan untuk dipotong atau diminum setengahnya saja.

Ilustrasi buah jeruk (detikhealth.com)

Selain itu, asupan vitamin C juga bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah-buahan. Dikutip dari DetikHealth, satu buah jeruk mengandung sekitar 54mg vitamin C. Itu artinya, bila mengkonsumsi 2 buah jeruk dalam sehari, maka kebutuhan vitamin C tubuh kita sudah terpenuhi.

Ilustrasi vitamin (tribunnews.com)