Intip Perbedaan Kamera Full Frame, MFT dan APS-C

kenali perbedaan ketiganya sebelum kamu membeli kamera

Sudah lama ingin membeli kamera karena ingin mendalami hobi photography? Sudah ada uangnya tapi masih bingung mau beli kamera yang mana? Eits, jangan gegabah ya. Selain merk dan spesifikasi kamera yang harus kamu perhatikan, kamu juga harus paham tentang sensor kamera terlebih dahulu.

Kebanyakan kamera yang dijual di pasaran memiliki sensor MFT (Micro Four Thirds). APS-C dan full frame. Pertama yang harus diperhatikan adalah ketiganya memiliki ukuran sensor yang berbeda, dimana ukuran sensor itu nanti akan mempengaruhi crop factor yang mengacu pada efek pemotongan yang dibuat oleh ukuran sensor berbeda, akibatnya akan ada perubahan focal length karena ada perbedaan crop factor tersebut.

 Lalu apa aja sih perbedaan ketiganya? Yuk lihat penjelasannya di bawah ini.

kamera ilustrasi memotret di malam hari (Pexels,Kaique Rocha)

MFT

Sensor yang dimiliki oleh MFT termasuk sensor terkecil dengan ukuran 17,3 mm x 13 mm. Pada MFT biasanya memiliki crop factor 2x.

APS-C

Berada di tengah-tengah, ukuran sensor APS-C adalah 23 mm x 15 cm. Biasanya crop factor berukuran 1,5x, Canon, 1,6x.

Full Frame

Full Frame memiliki ukuran sensor paling besar yaitu 36 mm x 24 mm atau setara dengan film 35 mm. Crop factor tidak bekerja pada kamera full frame, namun kamera full frame memiliki performa low light dan high ISO lebih baik dari APS-C dan MFT.

ilustrasi memotret objek (Unsplash,jamie Street)