Anggota Paspampres Sering Pakai Kacamata Hitam, Terungkap Alasannya

Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres sering mengenakan kacamata hitam. Ternyata ada alasan khusus kenapa mereka memakai kacamata hitam.

Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres bertugas untuk melindungi keselamatan Presiden dan Wakil Presiden termasuk dengan keluarga mereka. Biasanya anggota Paspampres yang gagah-gagah itu tampil dengan style yang keran, mulai dari setelan jas hingga kacamata hitam.

Banyak anggota Paspampres sering mengenakan kacamata hitam saat sedang bertugas ternyata memiliki alasan tersendiri. Dikutip dari Era.id, kacamata hitam mereka gunakan untuk menutupi arah kedua mata mereka ketika sedang menjaga atau melindungi Presiden dan Wakil Presiden.

Bila tidak menggunakan kacamata hitam, tentu arah mata anggota Paspampres saat melihat situasi sekitar akan terlihat jelas oleh pihak-pihak yang mungkin punya rencana tidak baik pada Presiden dan Wakil Presiden.

Selain agar tidak membuat pihak lain curiga, kacamata hitam bisa digunakan untuk melindungi bagian mata ketika terjadi kebakaran atau ledakan, hingga tembakan gas air mata. Tak mungkin gerombolan Paspampres yang jumlahnya banyak  tersebut menutup mata.

Seandainya mereka menutup mata, tentu perhatian mereka pada Presiden dan Wakil Presiden menjadi tidak fokus dan malah mengancam keselamatan simbol negara yang mereka lindungi. Memang fungsi kacamata hitam sangat berguna digunakan oleh Paspampres.

Ilustrasi Paspampres Saat Sedang Bertugas (Tirto.id)

Menurut Wittyfeed justru banyak masyarakat yang menduga-duga para Paspampres mengenakan kacamata hitam saat bertugas karena ingin bergaya saja atau sekedar menunjang penampilan.Padahal hal itu sama sekali tidak benar karena bagi Paspampres penampilan bukan hal utama karena mereka punya tugas berat menjaga Presiden dan Wakil Presiden.

Memang tidak semua anggota Paspampres mengenakan kacamata hitam. Ada juga yang memilih tidak memakai kacamta hitam. Meski tak pakai kacamata bukan berarti mereka kehilangan fokus dalam menjaga Presiden dan Wakil Presiden. Sebenarnya tak cuma anggota Paspampres yang sering pakai kacamata hitam, profesi pengawal atau body guard juga sering berpenampilan seperti itu.

Ilustrasi Paspampres (Berita Satu)