Inilah 9 Makanan Penghilang Alergi Kulit yang Patut Dicoba

Inilah 9 Makanan Penghilang Alergi Kulit yang Patut Dicoba

Alergi bisa menyerang siapa saja. Biasanya bagian tubuh yang terkena alergi adalah kulit. Kalau udah gitu, biasanya penderitanya akan mengalami beberapa hal yang nggak nyaman seperti ruam, gatal-gatal, hingga kulit kemerahan. Ih, pasti ganggu banget deh.

Jalan satu-satunya yang ditempuh biasanya adalah mengonsumsi obat antihistamin. Namun ternyata ada beberapa hal yang bisa juga kamu coba selain mengonsumsi obat, yakni dengan sejumlah makanan penghilang alergi kulit berikut.  

Dilansir dari Everyday Health, pola makan yang sehat dapat membantu mengatasi berbagai macam kondisi medis, salah satunya adalah alergi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai makanan penghilang alergi kulit berikut ini.

1. Makanan yang mengandung probiotik

Probiotik, yang umumnya ditemukan dalam makanan fermentasi, terbukti mengandung senyawa antiradang dan antialergi, terutama jika diberikan pada wanita hamil dan menyusui.

Misalnya, para ibu yang meminum susu probiotik selama dan sesudah kehamilan, dapat menurunkan risiko berkembangnya penyakit eksim pada bayinya hingga 50 persen.

Selain itu, sebuah studi dari Italia juga mengungkapkan, partisipan berusia 2-5 tahun yang mengidap rhinitis alergi mampu mengurangi gejala alerginya setelah meminum susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei selama satu tahun.

2. Buah yang mengandung vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C disinyalir dapat menghilangkan alergi. Secara tidak langsung, vitamin C dapat menghambat sel yang meradang agar tidak melepas histamin di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C dalam kadar tinggi bisa mengurangi kadar histamin dan membuat proses pemecahannya lebih cepat sehingga meredakan gejala alergi.

Vitamin C juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga alergi dapat diatasi. Sebab, vitamin ini merupakan antioksidan yang mampu menghambat efek radikal bebas.

Buah yang mengandung vitamin C dan dapat mengurangi alergi misalnya jeruk, stroberi, apel, dansemangka.

3. Makanan yang mengandung bioflavonoid

Makanan yang mengandung bioflavonoid juga termasuk dalam daftar makanan penghilang alergi kulit. Sebab, nutrisi ini mampu mengurangi jumlah sel yang bereaksi terhadap alergen. Salah satu jenis bioflavonoid, quercetin, juga bisa mengatasi peradangan dan alergi.

Ada banyak makanan yang mengandung bioflavonoid quercetin, seperti apel, bawang bombay, hingga teh.

4. Makanan yang mengandung magnesium

Ilustrasi Susu Probiotik (MyMilk.com)

Makanan mengandung magnesium juga diyakini mampu menghilangkan alergi kulit. Sebab, magnesium dapat bertindak sebagai bronkodilator dan antihistamin.

Para peneliti di Brigham Young University, Amerika Serikat, membuktikan bahwa hewan yang mengalami defisiensi atau kekurangan magnesium memiliki kadar histamin yang lebih banyak di darahnya saat terpapar dengan alergen.

Ada banyak makanan yang mengandung magnesium untuk dicoba, seperti kacang almond hingga kacang mete. Namun pastikan kamu tidak memiliki alergi kacang sebelum mengonsumsinya, ya.  

5. Makanan yang mengandung vitamin E

Sumber-sumber vitamin E, seperti kecambah, labu, paprika merah, selai kacang, biji bunga matahari, hingga kacang almond, termasuk makanan penghilang alergi kulit yang patut dicoba.

Menurut riset yang dirilis dalam jurnal International Immunopharmacology, mengonsumsi vitamin E berpotensi ampuh meredakan peradangan sehingga gejala alergi dapat diredakan.

6. Ikan air dingin

Ilustrasi Kacang Almond (Pinterest)


Ikan yang hidup di air dingin seperti salmon, diyakini sebagai makanan penghilang alergi kulit. Sebab, ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Jenis lemak baik ini mampu meredakan peradangan di dalam tubuh sehingga gejala alergi dapat diatasi.

Selain ikan air dingin, kamu juga bisa mencoba makanan yang mengandung asam lemak omega-3 lainnya, seperti biji rami hingga kacang kenari.

7. Kunyit

Nggak cuma bisa digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga dianggap sebagai makanan penghilang alergi kulit. Sebab, rempah ini mengandung kurkumin yang diyakini bisa meredakan pembengkakan dan iritasi akibat rhinitis alergi.

Sebuah riset hewan uji membuktikan, tikus yang mengonsumsi kunyit mampu mengurangi respons alerginya.

Namun, efektivitas kunyit sebagai makanan penghilang alergi kulit masih harus diteliti lebih lanjut karena belum ada studi yang membuktikannya secara langsung pada manusia.

8. Bee pollen

Biji Rami (JPNN.com)

Bee pollen adalah salah satu makanan penghilang alergi kulit. Menurut sebuah penelitian, bee pollen mengandung senyawa antiradang, antijamur, serta antimikroba yang baik untuk kesehatan.

Berdasarkan sebuah studi hewan uji, bee pollen terbukti mampu menghambat aktivasi sel mast. Proses ini dianggap penting untuk mencegah munculnya reaksi alergi.

9. Oatmeal

Tahukah kamu bahwa oatmeal termasuk dalam golongan makanan penyembuh gatal? Makanan ini mengandung antioksidan dan antiradang yang dipercaya mampu meredakan rasa gatal akibat reaksi alergi pada kulit, lho.

Untuk mencobanya, kamu perlu mencampurkan oatmeal ke dalam bak mandi. Berikut langkah-langkahnya:

Masukkan 1 cangkir oatmeal bubuk ke dalam bak berisikan air hangat

Aduk airnya hingga oatmeal tercampur merata

Masuk ke dalam bak mandi dan berendam

Setelah 30 menit, bilaslah tubuh menggunakan air bersih.

Berbagai makanan penghilang alergi kulit di atas sebaiknya tidak kamu jadikan sebagai pengobatan utama untuk alergi kulit. Sebab, obat-obatan medis tetap dibutuhkan agar hasil pengobatannya maksimal.

Perlu ditegaskan juga, berbagai makanan penghilang alergi kulit di atas tidak sepenuhnya mampu mengatasi alergi. Hanya saja, mereka dapat membantumu meredakan gejala dari alergi.

Bee Pollen (Facetofeet.com)