AWAS! Suka Pakai Mukena Warna-Warni, Apakah Masih Sah Salatnya? Ini Hukumnya

AWAS! Suka Pakai Mukena Warna-Warni, Apakah Masih Sah Salatnya? Ini Hukumnya

Mendekati hari raya Idul Fitri, banyak sekali model mukena terbaru yang dikeluarkan. Mulai dari fashion designer, artis, bahkan selebgram berlomba-lomba menjual desain mukena terbarunya.

Hal ini tidak dipungkiri karena dunia fashion telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Menariknya, perkembangan fashion terlihat dari segala arah mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala, ada pula pada item-tem yang digunakan untuk ibadah seperti mukena.

Mukena kini tak lagi sekadar kain putih yang berfungsi sebagai penutup aurat saat salat, tapi juga menjadi bagian dari item fashion. Mulai dari warna hingga coraknya setiap tahun pasti berkembang. Bahkan, dewasa ini mukena juga menjadi salah satu item fashion yang diperhatikan para wanita.

Lantas bagaimana hukumnya memakai mukena warna-warni dalam Islam ya? Apakah memang diperbolehkan? Yuk simak ulasannya di bawah ini ya, Ukhti.

Mengundang Perhatian

Mukena dengan beragam model dan warna-warni berpotensi mengundang perhatian orang.

Sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya mengatakan jika dalam islam diperbolehkan untuk memakai mukena dengan warna selain putih.

"Tidak ada tulisan yang macam-macam. Mukena juga tidak diharuskan berwarna putih. Tetapi warna apa saja diperbolehkan," kata Buya Yahya.

Beliau juga menjelaskan boleh pula bergambar asalkan tidak yang aneh-aneh dan menimbulkan ketertarikan.

"Boleh intinya menutup aurat. Namun lebih baik mukena tidak mengundang ketertarikan, baik berwarna hitam putih, atau bergambar yang aneh-aneh," jelasnya menambahkan.

Buya Yahya juga menyampaikan apabila memakai motif pun diperbolehkan dan salat tetap sah dengan syarat, motif tersebut tidak menganggu fokus saat salat.

"Misal ada motif bulat-bulat kan tidak menganggu. Salatnya tetap sah," imbuhnya.

Sementara Nabi Muhammad saw. mengingatkan umatnya untuk menghindari pakaian yang mengundang perhatian orang.

Beliau bersabda, "Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat." (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth).

Sementara itu, imam Abdurrahman Al-Jazari di dalam kitab Al-Fiqh Ala Al-Madzahib Al-Arba'ah menjelaskan, "Dia di antara makruhnya salat adalah jika di antara dirinya (di depannya) terdapat gambar hewan atau lainnya yang dapat menyibukkan dirinya (menghilangkan kekhusyukan). Jika hal itu tidak sampai menyibukkan dirinya (tidak mengganggu kekhusyikannya), maka salatnya tidak makruh. Demikian pendapat ulama Malikiyah dan Syafiiyyah."

Mukena Dwihanda (Instagram)

Apa Itu Pakaian Syuhrah?

As-Sarkhasi mengatakan, "Maksud hadis, seseorang tidak boleh memakai pakaian yang sangat bagus dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek, lusuh, sampai mengundang perhatian banyak orang. Yang pertama, sebabnya karena berlebihan sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan." (Al-Mabsuth, 30: 268).

"Karena sebaik-baiknya mukena adalah yang tidak menjadikan orang menoleh," kata Buya Yahya.

Jadi kesimpulanya, kaum muslimah diperbolehkan memakai mukena selain berwarna putih. Selain itu, diperbolehkan pula jika ada motif-motif selama motif tersebut tidak menganggu saat salat dan dapat menarik perhatian.

Salat dianggap sah jika terpenuhi lima syaratnya. Sah pula jika aurat tertutup dengan pakaian apapun corak dan warnanya sehingga, hukum asal penggunaan pakaian bercorak dan warna-warni untuk salat adalah boleh.

Selama pakaian tersebut suci dan menutup aurat secara sempurna. Serta, selama masih dalam porsi yang sesuai, hal tersebut tak akan membuat salat menjadi tidak sah.

Perlu diingat pula, bahwa pakaian yang mengundang perhatian banyak orang termasuk jenis pakaian syuhrah.

Karena itu, dikhawatirkan mereka yang memakai mukena warna-warni atau semacamnya, termasuk dalam ancaman hadis diatas.

So, udah menentukan mukena mana yang akan dipakai saat salat Ied nanti? Hehehe

Mukena Amanda Manopo (Instagram)

Mukena Wirda Mansyur (Instagram)