Ingin Jalani Hidup dengan Mudah? Jadilah Pribadi yang Bermental Kuat, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Jalani Hidup dengan Mudah? Jadilah Pribadi yang Bermental Kuat, Lakukan 5 Hal Ini!

Hidup akan terasa lebih mudah dijalani jika kamu memiliki kepribadian dengan mental yang kuat. Sayangnya, nggak semua orang bisa memliki kepribadian demikian.

Namun kamu nggak perlu khawatir karena mental yang kuat bisa dilatih kok. Kamu pun bisa berubah jadi sosok pribadi yang bermental kuat dengan latihan. Salah satunya menerapkan langkah-langkah berikut ini. Apa aja, ya? Yuk kepoin.

1. Tantang diri untuk melakukan hal yang sulit

Kondisi mental itu ibarat otot. Jika rutin dilatih, maka lama-kelamaan ototmu yang tadinya menggelambir, akan terbentuk juga.

Begitu pun mental. Dengan melatih diri untuk melakukan hal yang sulit, otomatis kamu akan terlatih menangani berbagai situasi yang tak mudah sehingga telah terbiasa. Jadi nggak gampang mengeluh dan menyerah ketika dihadapkan pada suatu tantangan.

2. Hormati diri sendiri dan berkomitmen dengan apa yang sudah diucapkan

Salah satu cara menghormati diri sendiri adalah berkomitmen dengan apa yang sudah kamu ucapkan atau niatkan. Kalau kamu mengikrarkan diri untuk olahraga seminggu tiga kali, maka lakukan itu meski di tengah jalan, kamu menemui hambatan untuk melakukannya.

Jika hal ini telah dibiasakan, akan membuatmu tetap teguh melangkah menuju impian, walaupun ujian bertubi-tubi berusaha menggagalkanmu.

Buat kamu yang masih sulit berkomitmen, coba tanamkan prinsip: "kalau belum dicoba, gimana kamu bisa tau kuat atau tidak menjalaninya?"

3. Kendalikan emosi

Jangan mudah terpancing emosi. Ketika menemukan kondisi yang membuatmu rasanya ingin marah-marah, tarik napas dulu, dan usahakan jangan langsung bereaksi. Hal ini akan membuatmu tak mudah dikendalikan oleh keadaan.

Ilustrasi Seseorang yang Bermental Kuat (Titiknol)

4. Saat situasi mulai sulit, menyerah bukan pilihan

Bagaimana kamu bisa bermental kuat, kalau tiap menemui kesulitan, langsung menyerah. Padahal, mereka yang telah sukses dan telah teruji mentalnya, harus menemui berbagai kegagalan, dan berusaha untuk selalu bangkit, sampai mereka mencapai apa yang diinginkan.

5. Perbanyak sedekah dari sekarang

Ketika menjadi kaya banyak orang yang justru dikendalikan oleh uang, bukan ia yang mengendalikan uang tersebut. Hal ini disebabkan karena saat masih susah dulu, tidak dibiasakan untuk bersedekah.

Ketika kamu mampu melawan bisikan setan untuk menyimpan uangmu yang sudah susah payah kamu dapat untuk sedekah, maka ketika Tuhan nanti berikan rezeki yang besar, kamu telah terbiasa melawan godaan kikir.

Namun jika mentalmu telah terlatih untuk berderma dari sekarang, semakin banyak hartamu maka semakin besar pula jumlah sedekahnya. Itu baru mantap!

Gimana gengs, sudah siap melakukan langkah-langkah tadi untuk melatih mentalmu jadi kuat? Selamat mencoba, ya!

Ilustrasi Seseorang yang Bermental Kuat (OkeZone.com)