5 Tradisi Pertunangan Unik Dari Berbagai Negara, Bikin Melongo!

Berikut ini 5 tradisi pertunangan unik dari berbagai negara, bikin melongo!

Berbagai etnis di penjuru dunia pasti punya budaya serta tradisinya masing-masing, termasuk dalam urusan pernikahan. Ada yang mewajibkan tunangan terlebih dahulu sebelum menikah, atau bahkan bisa langsung menikah tanpa pertunangan terlebih dahulu. Namun, ada beberapa etnis dari berbagai negara yang punya tradisi pertunangan unik. Penasaran seperti apa? Yuk, simak berikut ini!

1. Suku Tujia China

Ada sebuah tradisi unik di Suku Tuija China yaitu sebulan sebelum pernikahan dilangsungkan, mempelai wanita harus menangis selama satu jam setiap hari. Uniknya lagi pada hari kesepuluh sang ibu akan iku menangis. Lalu pada sepuluh hari berikutnya, sang nenek yang akan ikut menangis. Hingga mendekati hari pernikahan, semua wanita di dalam keluarga calon perempuan akan menangis bersama. Ini merupakan suatu wujud kebahagiaan untuk sang mempelai.

2. Suku Daur Mongolia

Filipe Fortes

Bisa dibilang, suku ini memiliki tradisi pertunangan yang unik dan cukup mengerikan. Pasalnya, disana calon mempelai akan disuruh untuk menyembelih anak ayam dan mencari livernya. Jika pasangan tersebut berhasil mengambil liver yang masih utuh dan sehat, dipercaya hubungannya akan berjalan lancar.

3. Fiji

China Today

Orang-orang Fiji masih menjunjung tinggi adat istiadatnya. Disana ada sebuah tradisi pertunangan unik yaitu seserahan gigi paus. Para pria yang ingin melamar kekasih hatiya akan memberikan tabua atau gigi ikan paus kepada ayah sang wanita. Ini merupakan simbol bahwa sang lelaki bermaksud untuk meminang sang puteri, jika diterima, maka pertunangan bisa dilakukan.

4. Skotlandia dan Irlandia Utara

Creative Commons/Didier Descouens

Di pedesaan Skotlandia dan Irlandia Utara ada sebuah tradisi pertunangan yang unik. Sebelum hari pernikahan, kedua mempelai akan disiram dengan cairan hitam lengket dari berbagai jenis kotoran oleh keluarga mereka sendiri. Selanjutnya, mereka akan diikat ke pohon. Ini merupakan simbol bahwa mereka siap menghadapi hal seburuk apapun kedepannya nanti.

5. Wales

Balintore Holiday Homes

Ada sebuah tradisi kuno di Wales bagi para pria yang ingin meminang pujaan hatinya yaitu harus memberikan "sendok cinta". Sendok tersebut terbuat dari kayu yang diukir dengan indah. Uniknya, sendok tersebut harus dibuat dan diukir sendiri sebagai bentuk keseriusan sang lelaki.

Creative Commons/Catlemur