Pria Disabilitas Panjat Gedung Pencakar Langit Dengan Kursi Roda, Alasannya Bikin Trenyuh

Pria disabilitas nekat memanjat gedung pencakar langit setinggi 300 meter demi mengumpulkan dana untuk amal.

Tidak ada yang tak mungkin, hal ini yang mungkin ingin dibuktikan oleh Lai Chi-wai. Pria asal Hong Kong ini ingin membuktikan jika ia masih tetap bisa memanjat gedung pencakar langit meski kedua kakinya lumpuh.

Aksi yang ekstrem ini dilakukan Lai Chi-wai pada pertengahan Januari 2021 lalu. Ia memanjat gedung pencakar langit bernama Nina Tower dengan hanya menggunakan kursi roda.

Lumpuh Karena Kecelakaan

Lai sendiri sejatinya adalah seorang pemanjat tebing. Prestasinya sebagai atlet pemanjat tebing juga cukup mentereng. Ia pernah 4 kali dinobatkan sebagai juara Asia dan sempat menduduki peringkat 8 terbaik dunia.

Sayang di suatu waktu, Lai mengalami kecelakaan hingga membuatnya lumpuh. Meski begitu, ia tetap melanjutkan aktivitas memanjatnya dengan memakai kursi roda dan berhasil mendaki gunung Rock Lion setinggi 1.624 kaki atau sekitar 500 meter.

Mendaki Demi Tujuan Mulia

lai chi-wai2 (reuters).jpg

Ternyata ada alasan mulia di balik aksi ekstrem yang dilakukan Lai Chia-wai. Ia rela memanjat gedung pencakar langit demi mengumpulkan donasi. Ia melakukan aksinya dengan mengikat dirinya di kursi roda dan menarik dirinya ke atas gedung.

Dilansir dari New York Post, Lai memang gagal mendaki hingga puncak. Dari total 300 meter tinggi gedung, ia berhasil memanjat hingga 250 meter dan berhasil mengumpulkan dana sebesar 5,2 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp 40,3 juta.

Sekalipun aksinya gagal karena masalah keamaan, Lai berharap pesannya tersampaikan. "Beberapa orang tidak mengerti kesulitan penyandang disabilitas, beberapa orang berpikir bahwa kami selalu lemah, butuh pertolongan, butuh bantuan, kami butuh belas kasihan orang," katanya.

lai chi-wai (reuters).jpg