China Berharap Bisa Perdengarkan Suara dari Mars Untuk Pertama Kalinya

rover zhurong diluncurkan ke Mars untuk mendapatkan video dan audio dari planet merah tersebut

CNSA atau China National Space Administration membagikan sebuah video baru yang menampilkan audio yang diambil dari planet Mars. Suara tersebut diambil oleh rover Zhurong dan dianggap sebagai tujuan utama misi Tianwe-1 China ke Mars.

Rover Zhurong diluncurkan pada 23 Juli 2020 kemarin dan berhasil mendarat di Mars pada musim semi 2021 ini. Kendaraan ini melewati kawah besar Utopia Planitia yang kira-kira berada 1.800 kilometer (1.118 mi) timur laut dari rover Perseverance milik NASA.

“Pengorbit dan penjelajah Mars bekerja dengan sangat baik, dengan lancar dan aman memberikan laporan dari Mars, serta mengirimkan berkah besar,” ujar pernyataan resmi CBSA seperti yang dikutip dari Mashable.

CNSA

Zhurong mengirimkan gambar lengkap dan beragam, mulai dari es bawah tanah, gunung berapi, bukit pasir, dan lainnya. Utopia Planitia dipilih CNSA sebagai tempat eksplorasi Zhurong selama 90 hari sekaligus mencari kelanjutan tentang keberadaan manusia dan tanda-tanda kehidupan kuno.

Gambar-gambar yang diambil dari Zhurong menggunakan kamera nirkabel yang dapat disimpan di tanah dan diambil kembali. Video juga bisa diambil dari kamera yang terpasang di tiang tengah zhurong.

Video tersebut akan mencakup audio mekanika rover yang sedang berkerja. CNSA berharap menggunakan sistem audio untuk menangkap suara angin di Mars yang diharapkan akan didengar di video selanjutnya.

(mars.nasa.gov)