Tidak Tahu Bagaimana Memilih Toner yang Tepat? Begini Cara Menentukan Jenis Toner yang Sesuai Dengan Kulit

Tidak Tahu Bagaimana Memilih Toner yang Tepat? Begini Cara Menentukan Jenis Toner yang Sesuai Dengan Kulit

Toner telah menjadi salah satu rangkaian yang tidak boleh dilewatkan saat menggunakan skin care. Biasanya, toner dipakai pada tahap kedua setelah kamu selesai membersihkan wajah.

Toner yang tepat adalah toner yang bisa membantu proses penyerapan bahan-bahan aktif yang ada pada rangkaian skincare-mu berikutnya. Ia juga berperan untuk mengurangi kadar minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati setelah mencuci muka.

Walaupun kamu udah tau manfaat dari toner itu apa, tapi tak sedikit juga yang masih bingung gimana cara memilih toner yang tepat. Nah biar bisa nemuin toner yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, cari tau dulu yuk jenis-jenis toner berikut ini!

# Hydrating Toner

Tips menentukan jenis toner berdasarkan kondisi kulit (pidjar.com)

Hydrating toner merupakan toner yang berfungsi untuk memberikan kelembaban pada wajah. Jenis toner ini biasanya bisa bikin kulit jadi lebih gampang menerima perawatan selanjutnya. Hal ini dikarenakan kulit yang lembab cenderung menyerap bahan-bahan di dalam skincare dengan lebih baik.

Selain itu, hydrating toner juga mampu mengunci kadar air dalam sel kulit, sehingga kulit kamu akan selalu terhidrasi dengan baik. Beberapa bahan utama yang ada pada jenis toner ini ialah hyaluronic acid, aloe vera, dan vitamin E.

# Exfoliating Toner

Exfoliating toner merupakan jenis toner yang fungsinya untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Toner ini juga ampuh buat membersihkan kulit wajah dari sisa-sisa kotoran yang sulit dibersihkan dengan toner biasa.

Biasanya, jenis toner ini mengandung alpha dan beta-hydroxy acid (AHA/BHA) atau turunannya seperti glycolic acid dan salicylic acid. Di samping mampu membersihkan kulit dengan maksimal, exfoliating toner juga bisa mengatasi noda hitam dan kerutan.

Nah, setelah kamu mengenal dua jenis toner, sekarang waktunya untuk mencari tau gimana cara memilih toner yang tepat untuk jenis kulitmu. Cekidot!

# Perhatikan jenis kulit dan masalah kulitmu

Tips menentukan jenis toner berdasarkan kondisi kulit (facetofeet.com)

Untuk mengetahui toner apa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah ketahui dulu jenis kulitmu dan apa masalah kulit yang ingin kamu atasi. Untuk mengetahuinya kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Langkah pertama adalah ketahui dulu nih jenis kulit kamu dan masalah kulit yang pengen kamu atasi. Kalo masih bingung, kamu bisa lho konsultasikan dulu ke dokter spesialis kulit (dermatology) mengenai hal ini.

# Jenis Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Buat kamu yang punya kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol dan memiliki kandungan AHA. Nah, kandungan AHA bisa bikin kulit wajahmu menjadi lebih bersih dan cerah.

Selain itu, kamu juga bisa memilih toner yang punya kemampuan dalam mengontrol minyak, serta mengandung zat astringent supaya pori-pori kamu tidak membesar dan wajah bisa terasa lebih segar.

# Toner untuk Kulit Sensitif atau Kering

Nah, sedangkan kamu yang punya kulit cenderung sensitif atau kering, hindari penggunaan toner yang memiliki alkohol. Lalu pilihlah toner yang kandungannya terdiri dari gliserin, butilena glikol atau hyaluronic acid supaya kulitmu bisa terhidrasi dengan baik.

Tips menentukan jenis toner berdasarkan kondisi kulit (facetofeet.com)