Baru 8 Tahun Pasca Debut, Apa Rahasia Sukses BTS Saingi Grup Musik Dunia?

Kesuksesan grup K-Pop Bangtan Seonyeondan alias BTS pastinya sudah tidak diragukan lagi. Nama mereka terus meroket, tak hanya di kawasan Asia, tetapi juga berhasil menembus pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Kesuksesan grup K-Pop Bangtan Seonyeondan alias BTS pastinya sudah tidak diragukan lagi. Nama mereka terus meroket, tak hanya di kawasan Asia, tetapi juga berhasil menembus pasar Amerika Serikat dan Eropa. Beberapa lagunya sukses merajai tangga lagu Internasional bahkan berhasil menduduki puncak tangga lagu yang berisi lagu-lagu popular di Amerika Serikat.

Lagu terbaru mereka yang berjudul Butter pun berhasil menggeser lagu yang paling popular di Amerika, serta mencetak rekor kedua kalinya setelah single Dynamite yang juga berhasil mencapai posisi puncak tangga lagu Billboard selama beberapa minggu.

    

Prestasi BTS ini juga membawa mereka menjadi artis Asia yang berhasil menduduki puncak paling lama di tangga lagu tersebut. Butter menjadi lagu ke-13 yang berada di posisi pertama chart Billboard Hot 100 selama 4 minggu berturut-turut. Hal ini setara dengan prestasi yang diraih oleh Aerosmith yang juga meraih prestasi sama lewat lagu I Don’t Want To Miss A Thing pada tahun 1998.

Kesuksesan yang diraih oleh boyband tersebut memang tidak main-main. Selain merajai chart tangga lagu, angka penjualan album juga terbilang fantastis. Lalu apakah yang membuat BTS menjadi boyband yang cukup terkenal di dunia, padahal umur debutnya bisa terbilang masih baru?

Rahasia sukses BTS (Wikipedia)

Dalam tayangan V Live, salah satu member BTS Kim Seok Jin membeberkan salah satu rahasia sukses yang dilakukan oleh grupnya tersebut. Dia menyebutkan bahwa agensi mereka, Hybe (yang dahulu bernama Big Hit Entertainment), memberikan mereka waktu yang pasti untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari mereka sebagai member boyband.

Di sela-sela rehatnya itu, mereka juga diberi waktu untuk mempersiapkan comeback mereka dengan album baru. Jin merasa bahwa itu membuat album mereka lebih berkualitas. Selain itu Jin juga berpendapat bahwa agensi mereka juga memiliki strategi pemasaran yang baik untuk mempromosikan comeback mereka.

Rahasia sukses BTS (via Kapanlagi)

Hybe agensi yang menaungi BTS memberi waktu sekitar dua pertiga dari jadwal untuk mempersiapkan comeback, dan sepertiga waktu lainnya digunakan untuk beristirahat dan membuat konten untuk memenuhi permintaan dari ARMY. Dengan demikian, para penggemarnya tidak merasa khawatir dengan kondisi member yang terlalu lelah dengan jadwal yang padat.

Rahasia sukses BTS (via Liputan6)