Sperma dan Air Mani Ternyata Beda Lho, Begini Penjelasannya

Banyak orang yang menganggap sperma dan air mani sama, padahal sangat berbeda. Lambat laun, hal yang salah paham itu dianggap wajar, sehingga semakin salah kaprah.

Membicarakan masalah seks mungkin masih menjadi hal tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Tak heran jika hal itu jadi pembicaraan paling dihindari, sekalipun di dalam lingkup keluarga. Padahal pengetahuan tentang seks seharusnya diberikan sedari dini. Salah satu yang sering bikin salah kaprah adalah perbedaan sperma dan air mani.

Banyak orang yang menganggap keduanya sama, padahal sangat berbeda. Lambat laun, hal yang salah paham itu dianggap wajar, sehingga semakin salah kaprah. Nah agar tak semakin menyesatkan, mari kita bahas perbedaan antara air mani dan sperma.

Berdasarkan pengertiannya saja kedua hal tersebut jelas berbeda. Air mani adalah cairan berwarna putih yang keluar dari alat kelamin laki-laki saat ejakulasi. Dalam setiap tetes air mani terkandung jutaan sel sperma yang dihasilkan oleh sistem reproduksi pria.

Sementara itu, sperma atau spermatozoa adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki yang dikeluarkan bersamaan dengan air mani saat seseorang berejakulasi. Jadi di dalam air mani tidak hanya terdapat sperma saja tetapi juga asam amino, lender, asam sitrat, protein, vitamin C, dan berbagai kandungan lainnya.

Ilustrasi Perbedaan Sperma dan Air Mani (via Kompas)

Selain berbeda pengertian, keduanya pun juga mempunyai fungsi yang berbeda. Air mani berfungsi mengantar sel sperma kepada organ reproduksi wanita, sementara sperma berfungsi untuk membuahi sel telur hingga akhirnya menciptakan keturunan. Air mani sendiri merupakan cairan yang hanya membantu sperma itu untuk mencapai sel telur.

Bentuk dan ciri dari keduanya pun juga berbeda. Air mani memiliki warna putih kekuningan atau keabuan. Teksturnya cenderung kental tetapi bisa berubah menjadi seperti agar-agar atau lebih lengket. Sedangkan sperma hanya bisa dilihat menggunakan bantuan alat pembesar, di mana bentuknya seperti kecebong yang memiliki ekor.

Ilustrasi Perbedaan Sperma dan Air Mani (via Berita Center)

Setiap ejakulasi, seorang laki-laki bisa mengeluarkan satu sendok air mani. Sementara itu, dalam setiap liter air mani yang dihasilkan, jumlah sperma bisa mencapai 50-200 juta sel untuk kondisi normal. Bagaimana, sudah paham kan sekarang?

Ilustrasi Perbedaan Sperma dan Air Mani (via LINE Today)