Hati-Hati, Jangan Keseringan Makan Telur Setiap Hari Jika Tak Mau Kena Efeknya

Hati-Hati, Jangan Keseringan Makan Telur Setiap Hari Jika Tak Mau Kena Efeknya

Telur memang sering menjadi menu sarapan yang banyak disukai orang. Sebagian mengkonsumsinya saat pagi, tapi ada pula yang menyantapnya saat makan siang. Tetapi, aman nggak ya mengkonsumsi telur terlalu sering?

Pada dasarnya, telur memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Utamanya, telur termasuk bahan makanan yang murah dengan kandungan protein tinggi.

Akan tetapi, kalo kamu terlalu sering mengkonsumsinya, apalagi disajikan setengah matang, bisa-bisa tubuhmu malah keracunan bakteri Salmonella. Bakteri ini bisa ada di dalam terus meskipun kondisi telur dalam keadaan baik dan bersih.

Selain itu, keseringan konsumsi telur juga rentan terkena alergi. Ada beberapa tipe tubuh yang sangat rentan akan hal ini dan menyebabkan perut jadi gampang mual atau kembung. Di samping itu, masih ada beberapa efek lainnya jika kamu keseringan konsumsi telur, yaitu:

# Mudah berjerawat

Ilustrasi telur mata sapi (tempo.co)

Kalo keseringan konsumsi telur, wajah bisa jadi mudah berjerawat, lho. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kandungan lemak dan kolesterol pada telur yang tinggi dan bisa menyumbat pori-pori.

Ketika pori-pori tersumbat, kulit wajah jadi gampang menyerap debu dan radikal bebas. Alhasil, wajah jadi gampang jerawatan deh.

# Kolesterol meningkat

Wajah berjerawat (bioderma.com)

Kolesterol juga bisa gampang meningkat kalo terlalu banyak mengkonsumsi telur, apalagi di bagian kuningnya. Dikutip dari Healthline, bagian kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi.

# Kelebihan protein

Terakhir, telur yang terlalu sering dikonsumsi bisa berakibat fatal yang memicu penyakit ginjal. Hal ini bisa mengakibatkan ginjal sulit untuk menyaring racun dari darah. Jadi, konsumsi telur secukupnya saja, ya.

Ilustrasi cek kolesterol (healthline.com)