Manfaat Daun Binahong Merah dan Cara Menanam di Pekarangan Rumah, Kamu Tertarik?

Daun binahong merah dikenal sebagai obat alternatif. Manfaat dan kandungannya bisa menjaga dan memperbaiki kesehatan. Tertarik? Yuk disimak.

Tanaman obat ini mudah ditanam di pekarangan. Bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Manfaat dan khasiatnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit ringan maupun berat.

Binahong atau gendola memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia yang juga dikenal di Inggris dan Cina. Di Inggris disebut Heartleaf maderavine madevine. Sedangkan di Cina disebut deng san chi.

Di Indonesia terdapat 2 jenis binahong, yaitu binahong merah dan hijau. Perbedaannya, binahong merah mempunyai daun yang lebih lebar dan berbatang besar. Binahong merah bisa ditanam menggunakan umbi atau rimpang. Sedangkan binahong hijau ditanam menggunakan biji. Keduanya tumbuh menjalar dengan karakter batang yang lunak. Daunnya berjenis tunggal jika jenis binahong hijau. Sedangkan binahong merah ruas daun dan batangnya berwarna kemerahan. 

Cara menanam binahong merah cukup mudah. Siapkan tanah untuk media tanam. Gemburkan dan beri pupuk secukupnya. Kemudian stek rimpang atau umbi batang. Kemudian rawat hingga berdaun dan merambat. 

Daun binahong merah (tokopedia.com)

Daun binahong merah mempunyai 3 kandungan penting yang bisa menyehatkan tubuh. Antara lain sebagai berikut.

Antioksidan 

Zat ini mampu menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Manfaatnya sebagai antioksidan membuatnya baik jika dikonsumsi dengan rutin.

Zat alkoloid 

Pasien yang menderita diabetes bisa memanfaatkan zat alkoloid yang dikandung oleh daun binahong merah. Sifat hipoglemik dari zat tersebut bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Saponin

Nah, kandungan saponin ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sehingga bisa mempengaruhi kesehatan organ dalam seperti jantung dan ginjal. 

Binahong merah, ruas daun berwarna kemerahan (omahpohon.com)

Manfaat daun binahong merah buat kesehatan ialah sebagai berikut.

1. Maag

Sakit lambung karena tingkat asam yang tinggi atau terlalu rendah bisa disembuhkan mengan meminum rebusan daun binahong. Selain meminum rutin, seseorang yang menderita maag harus tetap menjaga pola makan sehat. 

2. Kolesterol

Mengatasi kadar kolesterol jahat yang meningkat dalam tubuh bisa dengan daun binahong merah. Kolesterol yang terlalu lama dibiarkan akan menyumbat peredaran darah. Jika peredaran darah terganggu, maka sistem metabolisme tubuh juga akan kacau. Efek dari penyumbatan tersebut adalah terserang stroke, jantung dan tekanan darah tinggi. 

3. Asam urat

Asar urat yang tidak terbuang bersama urine akan menyebabkan nyeri di persendian. Karena asam urat yang tidak terbuang akan mengendap. Jadi membikin setiap sendi terasa ngilu dan nyeri. Manfaat daun binahong merah adalah melarutkan endapan asam urat. 

4. Menyembuhkan luka

Luka setelah operasi yang tak kunjung sembuh sangat mengganggu aktivitas. Untuk mempercepat regenerasi jaringan kulit dan menyembuhkan luka bekas operasi, kamu bisa memanfaatkan daun binahong merah.

Caranya dengan menyeduh beberapa lembar daun binahong merah. Rebus hingga air mendidih dan saring. Minum 2 kali sehari secara rutin. Untuk penambah rasa, bisa menambahkan air rebusan dengan gula aren atau madu. 

Selamat mencoba, semoga kesehatan selalu terjaga!

Dalam tubuh sehat terdapat jiwa kuat (sepalika.com)