Manfaat Manggis Buat Kesehatan, Dari Buah Hingga Ranting Punya Khasiat

Manfaat manggis dari buah, kulit dan rantingnya sangat banyak. Buat kesehatan pastinya. Mau mengolahnya? Simak dulu deh.

Kesehatan tidak datang dengan sendirinya. Kesehatan mesti dipertahankan dan dijaga. Cara menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti manggis ini. Buahnya yang manis bisa memberi sejuta manfaat buat kamu. Selain itu, kulitnya yang pahit bisa membuat kehidupan semakin manis. Rantingnya juga bisa bermanfaat lho ternyata. Belum pada tahu kan? Coba dulu deh disimak. Biar nanti tahu buah mangis ini berkhasiat.

Manggis punya nama ilmiah Garcinia mangostana L.. Kulitnya berwarna keunguan dan jika masih segar, tangkai masih menempel. Begini manfaat buah manggis untuk kesehatan.

1. Kandungan xanthones bermanfaat memerangi kanker

Meskipun harus berhati-hati dengan kandungan gula di dalam manggis. Tetapi buah ini bermanfaat memerangi kanker. Senyawa garcione E dalam tubuh akan dicegah perkembangannya dengan rutin mengonsumsi manggis. 

Bukt ilmiah yang diterbitkan di Journal of Society for Integrative Oncology memeperingatkan pasien kanker dalam mengonsumsi manggis. Zat xanthones dalam buah manis ini bisa memerangi kanker. Untuk hasil terbaik dan konsumsi aman, coba deh konsultasi dengan dokter.

2. Meredakan nyeri dan peradangan

Kandungan anti inflamasi pada buah manggis bisa meredakan nyeri dan menyembuhkan peradangan. Selain manfaat tersebut, zat di dalamnya bisa memperkecil kerusakan sendi, arthritis atau nyeri karena cidera.

3. Menghentikan pertumbuhan bakteri

Bakteri yang menyebabkan infeksi bisa dihentikan dengan mengonsumsi buah manggis. Penelitian dari Chemical and Pharmaceutical Bulletin menemukan bahwa senyawa di dalam buah bisa menghentikan pertumbuhan bakteri. Jika kamu terluka, coba deh makan buah manggis. Biar nggak infeksi dan lekas mengering.

4. Tekanan darah tinggi 

Menurunkan tekanan darah tinggi bisa menggunakan berbagai cara. Ini termasuk manfaat buah manggis. Kandungan serat juga bisa memperlancar sistem pencernaan.

Buah ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat manggis untuk ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut.

Buah manggis (exoticfruitsusa.com)

1. Meningkatkan metabolisme

Pencernaan yang buruk, kolesterol terlalu tinggi dan tekanan pembuluh darah sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Ketiga masalah ini bisa diselesaikan dengan mengonsumsi 2 buah manggis setiap hari. Untuk dikonsumsi aman, konsultasikan ke dokter dulu ya. Soalnya kadar gula yang tinggi dalam manggis juga perlu dipertimbangkan buat ibu hamil.

2. Detak jantung teratur

Kandungan kalium dalam manggis bisa mengontrol detak jantung. Sistem peredaran darah juga akan teratur karena buah ini.

3. Menjaga pertumbuhan janin

Buah ini mengandung 0.3 miligram mangan dalam setiap 50 gram buahnya. Zat mangan ini bisa membantu pembentukan jaringan tulang rawan dan sistem tulang pada janin. 

Jika mengonsumsi buah manggis, jangan membuang kulitnya. Kulit manggis juga bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun sekarang sudah banyak dijual obat herbal dari kulit manggis. Tetapi kenapa nggak bikin sendiri aja kalo membuatnya mudah. Begini manfaat kulit manggis. 

Ibu hamil (thehindu.com)

Antioksidan dan antimikroba

Kulit buah manggis bermanfaat menetralkan asam lambung. Kulit ini bisa membunuh bakteri yang mengganggu pencernaan. Antioksidan bisa membuat awet muda. Selain sehat, kulit mulus juga penting lho.

Buat yang menderita diabetes, antioksidan dalam kulit manggis bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jika gula darah meningkat, tinggal rebus kulit manggis dan minum air hasil rebusan rutin sekali sehari. Tidak diragukan lagi, kulit manggis punya manfaat buat kesehatan dan kecantikan. Mau coba?

Dilansir oleh Liputan6.com bahwa Agnestasia Widia Kurniawati menemukan antibiotik pada ranting manggis. Mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala mengungkapkan bahwa fungi yang tumbuh di batang manggis bisa menyembuhkan bisul dan jerawat. Oenelitiannya menemukan senyawa aktif dalam fungi ranting manggis yang sudah difermentasi bisa bermanfaat menjadi antibakteri. 

Buah manggis termasuk buah musiman. Jadi susah ditemukan jika tidak musim berbuah. Di Indonesia tercatat ada 25 kabupaten yang mengembangkan perkebunan manggis. Dari perkebunan tersebut tercatat ada 100 jenis manggis. Di Pulau Jawa terdapat 9 kabupaten antara lain Sukabumi, Purwakarta, Subang, Bogor, Tasikmalaya, Purworejo, Blitar, Trenggalek, Banyuwangi. Buah Nusantara yang satu ini cukup populer dikenal. Manfaatnya juga nggak bisa dihitung menggunakan jari. Untuk tetap sehat, konsumsi buah-buahan sehat ya, termasuk buah manggis.

Kulit manggis (teroes.com)