Kali Ini Giliran Jepang Akan Kirim Robot yang Bisa Bertransformasi ke Bulan

robot yang memiliki kemampuan berubah saat mendarat dibulan ini rencananya akan diluncurkan tahun depan

Sepertinya bulan akan semakin ramai mengingat sudah adanya ajakan untuk wisata liburan ke bulan. Sama seperti negara lainnya yang bersiap untuk pergi ke bulan, Jepang juga tengah mempersiapkan robot yang tidak biasa untuk dikirim ke bulan.

Dilaporkan bahwa Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) telah bekerja sama dengan Sony, Doshisha University, dan pembuat mainan Tomy pada robot transformasi berbentuk bola untuk mempelajari tanah Bulan sebelum penjelajah berawak dijadwalkan berangkat pada 2029 nanti. 

Bot 8.8oz ini akan tiba dalam bentuk menyerupai bola kompak yang akan membantu perusahaan robotika swasta Ispce untuk bisa mendarat di bulan. Begitu berada di permukaan bulan.dia akan membuka konfigurasi penuh yang akan menangkap gambar permukaan Bulan. 

Menurut JAXA, robot ini juga akan berkontribusi untuk masa depan. Dimana Sony akan menyediakan teknologi kontrol untuk robot, sementara Tomy dan Doshisha akan membantu membuat miniatur desainnya. 

ilustrasi bulan (nationalgeographic.grid.id)

Pengerjaan robot ini sendiri dimulai dengan studi pada tahun 2016. Namun dengan bergabungnya Sony pada 2019 dan Doshisha pada 2021, hal tersebut menjadi semakin dekat untuk terealisasikan. Ispace sendiri berencana akan menerbangkan robot yang hanya berbobot 0,25kg dan dalam  bentuk bola ini ke bulan pada 2022 nanti. 

Dengan bentuk yang lebih mungil, bukan hal yang tidak mungkin untuk proyek dari JAXA, Sony, Tomi dan Doshisha ini mengisyaratkan masa depan desain robot dengan kemampuan berubah. 

robot transformasi jepang (gizmodo)