Ngeri Banget, Ini Dia Bahaya Diet Cacing Pita ala Model Victoria’s Secret

Ngeri Banget, Ini Dia Bahaya Diet Cacing Pita ala Model Victoria’s Secret

Pernah mendengar diet cacing pita yang kontroversial sampai menelan korban? Diet ini menjadi budaya di antara para model Victoria’s Secret demi menurunkan berat badan dan mendapat tubuh yang diinginkan.

Menurut Healthline, diet cacing pita mulanya dilakukan oleh seorang wanita di era Victoria yang ingin memiliki tubuh langsing supaya menarik perhatian suaminya. Di kala itu, standar kecantikan sangatlah berbeda, yaitu kulit pucat, mata yang lebar, pipi dan bibir merah, dan pinggang mungil.

Demi mencapai standar kecantikan tersebutlah banyak wanita yang kemudian melakukan hal ekstrem. Ada yang memakai korset ketat sehingga merubah struktur tulang dan organ dalam. Ada yang minum racun dalam dosis kecil dan banyak lagi. Nah, menelan cacing pita juga merupakan salah satunya. 

Lantas seperti apa prosedur diet cacing pita?

Secara teori, diet cacing pita merupakan cara diet yang mudah untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Akan tetapi, efeknya jauh lebih berbahaya dibandingkan hasil yang diperoleh.

Ilustrasi orang mual (beautynesia.id)

Proses diet ini dilakukan dengan cara menelan pil yang berisi telur cacing pita. Ketika telur tersebut menetas di dalam tubuh, maka cacing pita akan memakan apapun yang kamu makan. Yang membuatnya mengerikan adalah diet ini sama dengan kondisi infeksi cacing pita yang bisa memicu kerusakan organ tubuh.

Saat cacing pita menempel di usus, maka ia akan memakan segala nutrisi yang semestinya berkembang di dalam tubuh. Dan ia akan menghasilkan proglotid, yaitu menyusun tubuhnya menjadi tampak seperti rantai. 

Ilustrasi orang diet (detik.com)

Yang semakin membuat berbahaya adalah kamu tak pernah bisa tau dimana rantai cacing pita itu akan menempel. Bisa saja ia menempel di saluran pencernaan sehingga menyebabkan penyakit serius. Hal ini disebut sebagai infeksi invasif yang dapat menyebabkan diare, nyeri perut, lemah, demam dan masalah neurologis.

Bahkan, cacing pita juga bisa beresiko menyumbat saluran empedu, pankreas, hingga komplikasi otak yang berujung demensia, terganggunya penglihatan dan merusak organ tubuh lain seperti paru-paru dan hati. Tak heran jika hal ini akhirnya menyebabkan kematian.

Itu sebabnya, diet cacing pita yang banyak dilakukan model Victoria’s Secret tidaklah dianjurkan. Sebaiknya bila ingin diet, lakukan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

Ilustrasi pil untuk diet (healthline.com)