Simpel dan Mudah, Inilah 5 Cara Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Beberapa bahan-bahan rumah tangga yang ada di dapur ternyata bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut tanpa perlu ke salon.

Setiap orang pastinya mendambakan memiliki rambut yang sehat dan kuat. Tak jarang, dengan pertambahan usia, masalah rambut juga lebih sering muncul. Contohnya saja uban, kerontokan, ketombe, rambut kering, dan masih banyak lagi. Nah, ternyata beberapa bahan yang sering kamu temukan di dapur bisa loh untuk merawat rambut agar sehat dan kuat. Penasaran apa saja bahan alami yang bisa kita gunakan untuk merawat rambut? Yuk, simak penjelasannya!

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki banyak fungsi, seperti untuk memasak, membersihkan wajah dan juga bisa menjadi kondisioner alami. Kandungan Lauric Acid dalam minyak kelapa dapat membantu untuk memperkuat rambut. Cara pakainya mudah, balurkan minyak kelapa pada rambut dan pijat hingga ke akarnya. Diamkan sekitar 5 menit, kemudian bilas dan keramas seperti biasa.

pexels.com

2. Lemon

Lemon mengandung asam yang bisa membantu untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe. Campurkan 2 sdm air perasan lemon dengan 2 sdm minyak zaitun dan air, lalu basuhkan ke kulit kepala. Selanjutnya bilas rambut atau keramas setelah 20 menit.

pexels.com

3. Teh

Teh hitam ternyata dapat membantu rambut lebih bervolume dan berkilau. Caranya dengan menyeduh teh dan biarkan sampai dingin. Kemudian pakai air teh untuk membasuh rambut dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Untuk mendapatkan kilau alami rambut, lakukan perawatan tersebut secara rutin.

pexels.com

4. Pisang

Cara untuk membuat masker rambut pisang adalah dengan mencampur pisang dan santan, lalu diblender. Setelah tercampur, oleskan pada rambut dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Masker pisang ini dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang mampu untuk membuat rambut lebih kuat dan tebal.

pexels.com

5. Alpukat

Buah alpukat banyak mengandung antioksidan, biotin, Vitamin A dan E yang bagus untuk melembutkan dan mengatasi rambut kusut. Cara menggunakannya adalah dengan melumatkan alpukat kemudian balurkan ke rambut yang sudah dibasahi. Tunggu selama 15 menit, lalu bilas. Perawatan ini sebaiknya kamu lakukan dua minggu sekali.

pexels.com