Buat Nambah Wawasan Kamu, Simak Nih 9 Fakta Menarik tentang Bumi

Fakta-fakta menarik tentang bumi berikut ini kayaknya belom pernah diajarin di sekolah sih. Simak makanya....

Bumi adalah rumah kita. Ada yang nganggep bulat, ada juga yang datar. Itu pilihan kalian. Tapi sebenernya, bumi kita juga menyimpan banyak misteri yang menunggu untuk diketahui para penghuninya.

Kalo kalian emang penghuni bumi, kalian wajib tau nih fakta-fakta unik soal bumi. Soalnya, deretan fakta ini belom atau nggak pernah diajarkan di sekolah kamu.

Yaudah, kuylah disimak, gengs!

1. Menurut para ilmuwan, Bulan terbentuk oleh tabrakan planet dengan objek besar lainnya. Nah, tabrakan itu mengakibatkan terbelahnya sepotong kecil bumi. Kemudian Bulan terbentuk dan menjadi satelit bumi.

2. Medan magnet bumi itu dilihat sebagai sesuatu yang konstan. Tapi sebenernya hal itu terus berubah loh. Menurut para ilmuwan nih, medan magnet telah bergerak sekitar 600 mil semenjak abad ke-19. Pusatnya kini berada di belahan bumi selatan, persisnya di atas Samudra Hindia.

Gerakan medan magnet ini akan meningkat tiap tahunnya. Ketika udah sampe puncaknya nih, gerakan medan magnet akan melambat lagi.

Bumi kita, rumah kita (mashable.com)

3. Bumi emang gak pernah terlihat bulat sempurna. Jadi, massanya tidaklah merata. Nah, perbedaan massa itu membuat naik-turunnya gravitasi di berbagai tempat di Bumi. Buktinya? Kalian perlu bukti nih?

Coba liat di Google Teluk Hudson, Kanada. Di sana gravitasinya lebih rendah loh daripada tempat lain di dunia.

4. Cepat atau lambat, Bumi bakal punya dua satelit nih. Kok bisa? Karena menurut penelitian, ada benda kosmik lain yang sedang berputar mengelilingi Bumi.

Objek itu bukanlah benda yang sama dengan Bulan. Makanya, mungkin benda itu hanya akan menjadi satelit sementara.

Kenapa bisa begini? Kata para ilmuwan, gravitasi Bumi kadang menarik asteroid besar dan terus mengikuti planet kita untuk beberapa waktu. Kalo udah sekitar 3 putaran, mereka cabut dan kembali mengambang ke entah berentah di luar angkasa lagi deh.

Ilustrasi gravitasi di Teluk Hudson, Kanada (siamagazin.com)

5. Di Bulan ternyata bisa gempa juga loh. Tapi ya gak sesering kejadian gempa di Bumi sih. Pusat gempa di Bulan biasanya juga sangat dalam, lebih dekat ke inti satelit Bumi ini. Menurut para ahli, gempa di Bulan terjadi karena daya tarik Matahari dan Bumi.

6. Gengs, kalo semua kandungan emas di Bumi digali, maka jumlah totalnya akan menutupi seluruh permukaan bumi. Lapisannya rata-rata bisa mencapai 1,6 kaki atau setara dengan 400 sentimeter.

Itu asteoroid yang ketarik gravitasi Bumi (earth-chronicles.com)

7. Bumi kita pernah loh berubah warna jadi ungu. Hal ini terjadi karena mikroba purba. Mereka menggunakan molekul lain untuk memproses sinar matahari, jadi bukan klorofil tuh.

Molekul-molekul ini bisa memberi mikroba warna ungu. Jadinya, semua planet mungkin pernah berwarna ungu. Gak terkecuali Bumi kita.

8. Dari citra Matahari, kita bisa melihat bahwa bintang besar itu punya bintik-bintik kecil di permukaannya. Hal itu menjelaskan bahwa bintang ini sedang dalam fase aktif.

Tapi, bintik-bintik itu bisa menghilang tanpa alasan yang jelas. Nah loh.... Dan hal ini sudah terjadi sejak abad ke-15 lalu. Dan fenomena ini disebut The Little Ice Age.

Fenomena zaman es mini ini pernah membuat perubahan iklim di wilayah Islandia dan Finlandia jaman dulu. Saat itu, Bangsa Viking jadi harus berpindah dari Greenland yang membeku ke selatan dengan suhu yang lebih hangat.

Kejadian itu terus berulang hingga abad ke-19. Dan kini menurut para ilmuwan, zaman es mini selanjutnya akan terjadi pada 2019 nanti.

Planet Bumi pernah jadi ungu loh (dailykos.com)

9. Kalian tau HD 904790 B? Itu bukan password, tapi sebutan untuk sebuah planet baru. Katanya, planet itu bisa dihuni manusia di masa depan nanti.

Tapi planet ini berada di luar Galaksi Bimasakti. Yang bikin dilema ya itu, memiliki ciri-ciri yang sama dengan Bumi. Planet itu punya fitur luar biasa seperti atmosfer, iklim, sumber daya alam, serta air tawar.

Para astronom memperkirakan, diperlukan waktu hingga 300 ribu tahun cahaya untuk bisa nyampe ke planet HD 904790 itu. 

Hitung sendiri deh, setahun cahaya setara 9.422.760.000.000 kilometer. Kalikan aja 300.000, dapet berapa tuh. Butuh pesawat kayak di film Star Trek tuh kayaknya.

Planet HD 904790 B, mirip Bumi gengs (brightside.me)