Mengenal Hodgkin Lymphoma, Kanker yang Diderita Suami Tasya Kamila

Baru-baru ini Tasya Kamila membagikan unggahan tentang suaminya yang terserang kanker Hodgkin Lymphoma stadium 2. Penyakit apakah itu?

Beberapa waktu lalu, secara mengejutkan Tasya Kamila mengungkapkan bahwa suaminya, mengidap kanker stadium 2. Randi Bachtiar mengidap kanker getah bening jenis Randi Bachtiar, sehingga harus menjalani perawatan yang intensif.

Tasya dan suaminya mengungkapkan bahwa mereka optimis bisa melalui cobaan ini. Mereka pun meminta doa agar Randi bisa sembuh dan kembali normal seperti sebelumnya. Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Hodgkin Lymphoma?

Getah bening sendiri adalah kelenjar atau pembuluh yang tersebar di seluruh bagian tubuh dan berfungsi mengontrol sistem kekebalan tubuh. Pada Hodgkin Lymphoma, terjadi penggandaan secara abnormal pada limfosit tipe B (salah satu jenis sel darah putih).

Karena penggandaan yang tidak normal ini, limfosit kehilangan fungsi melawan infeksi sehingga penderita akan rentan mengalami infeksi. Biasanya, Hodgkin Lymphoma paling umum dikenali lewat munculnya benjolan pada leher, ketiak, atau selangkangan.

Hodgkin Lymphoma (Instagram)

Selain itu, penderita Hodgkin Lymphoma umumnya menunjukkan gejala seperti demam, lemas, gatal, berkeringat pada malam hari, pembesaran limpa, penurunan berat badan, serta batuk, nyeri dada, dan sesak napas. Diagnosisnya bisa dilakukan dengan tes darah, pes citra tubuh, dan biopsi.

Pada stadium 2 seperti yang dialami oleh Randi, sel kanker telah menyebar ke dua kelenjar getah bening atau kelenjat getah bening terdekat, namun masih pada bagian tubuh yang sama. Biasanya lokasinya ada di atas atau bawah diafragma.

Gejala Hodgkin Lymphoma (via Aidsmap)

Pengobatan Hodgkin Lymphoma seperti yang dialami suami Tasya Kamila, Randi Bachtiar, memang harus intensif. Beberapa yang bisa dilakukan antara lain adalah kemoterapi, kortikosteroid, rituximab, radioterapi, dan transplantasi sumsum tulang belakang.

Hodgkin Lymphoma (via DocWire News)