Baca Dulu Nih 12 Fakta Unik di Dunia yang Bikin Melongo

Ada banyak fakta unik di dunia yang belom kamu tau. Kalo gitu, baca aja dulu gengs.

Dunia adalah gudangnya misteri. Nggak semua orang bisa melihat, mendengar, atau merasakan bahwa emang banyak banget yang belum kita ketahui di dunia. Bener kan?

Padahal nih, ada banyak banget fakta menarik dan fakta unik di dunia yang jarang diketahui orang. Kalo gitu simak dulu nih fakta unik di dunia berikut.

1. Cadangan emas dunia sebenernya dimiliki oleh para ibu rumah tangga di India. Bahkan hingga sepersepuluh (1/10) cadangan emas itu ada di tangan mereka. Jumlah ini termasuk lebih banyak dari gabungan tiga negara, Amerika Serikat, Swiss, dan Jerman.

2. Steven Spielberg, sutradara kenamaan Hollywood, pengen banget menyutradarai serial James Bond. Terus, Spielberg curhat deh tuh ke soibnya George Lucas. 

Soibnya yang sutradara ini punya ide untuk bikin ala-ala James Bond dengan kualitas yang lebih baik. Terus, jadi deh Indiana Jones.

Ibu-ibu di India punya banyak emas... (malabargoldanddiamonds.com)

3. Tahun 1982 lalu, Istana Buckingham di London sempet disamperin penyusup. Dia adalah seorang laki-laki yang kepo banget kayaknya. Dia makan keju cheddar dan santai-santai dulu di dalem istana selama 30 menit. 

Orang ini juga berkeliling dan ngejajal kursi empuk singgasana Ratu Elizabeth II. Minum setengah botol wine juga. Terus cabut dah.... Ngapain yak?

4. Sindrom putri tidur pernah dialami banyak warga di Desa Kalachi, Kazakhstan. Sindrom tidur yang aneh itu membuat warga desa merasa lelah dan tidur dalam waktu yang sangat lama. 

Ada yang beberapa hari, ada juga yang sampe seminggu penuh. Penelitian pun belum bisa menjawab penyebabnya. Jadi kalo ditanya kenapa bisa begitu ya lagi mager aja kali ya. Pokoknya misterius sih....

Istana Buckingham di London (celtictours.blogspot.com)

5. Biar kalian tau nih, apel-apel segar yang dijual di toko-toko buah udah dipetik dari 6-12 bulan sebelumnya. Waduh....

Sebelum dipasarkan, apel-apel itu disimpan dulu dalam sebuah tempat khusus. Level oksigen dalam tempat khusus itu diatur rendah biar penampilan buah apelnya gak pada berubah.

6. Dalam fisika, 99,9999999% bagian atom terdiri dari ruang hampa. Jadi kalo dianalogikan, andai kata semua orang di dunia dikumpulin jadi satu dan ruang kosongnya dihapus maka.... Maka, umat manusia cuman jadi seukuran buah jeruk, gengs! Jeruk!

Sebuah desa di Kazakhstan kena sindrom putri tidur (mattressfirm.com)

7. Botol-botol minuman seterkenal Coca Cola selalu berubah dari masa ke masa. Versi pertama botol minuman ini dibuat pada 1899. Terus yang kedua tahun 1900, ketiga tahun 1915, keempat tahun 1916, kelima tahun 1957. Terakhir dan sampe sekarang, botol beling Coca Cola pertama kali dirilis pada tahun 1986-1991.

8. Para ilmuwan pernah meneliti pusar milik 10 orang responden. Ngapain sih? Ya, buat membandingkan jumlah kuman yang ditemukan di pusar manusia dengan jumlah kuman yang ada di kamar mandi, gengs.

Hasilnya, pusar manusia lebih banyak mengandung bakteri ketimbang toilet sekalipun. Ada hampir 1.500 jenis bakteri yang bersarang dan belum diketahui secara ilmiah. Idihhh~

Botol Coca Cola dari masa ke masa (goguide.bg)

9. Elvis Presley ternyata tidak memiliki rambut asli berwarna hitam. Rockstar ganteng dari jamannya ini ternyata berambut pirang. Tapi nggak banak orang yang tau sih. Selama hidupnya, Elvis ternyata mengecat rambutnya jadi hitam.

10. Seorang pengemudi truk di Autralia mengalami serangan jantung dan mengalami kematian klinis. Ia koma setelah 12 hari. Tapi waktu dokter mau matikan alat pendukung kehidupan, tiba-tiba ia bangun.

Si pengemudi itu kemudian memenangkan lotere berhadiah mobil seharga 17 ribu dollar AS. Kemudian, kisah hidup penuh keberuntungan orang ini diangkat oleh sebuah stasiun televisi.

Dalam tayangan itu, laki-laki ini diminta menghapus lapisan pelindung nomor di selembar lotere. Dan dia menang lagi, dapet hadiah 170 ribu dollar AS. Gilak!

Elvis Presley (mirror.co.uk)

11. Saus tomat (ketchup) pernah diiklankan sebagai obat diare dan sakit kuning pada awal abad ke-19. Malah dibikin juga versi pilnya. Setelah berjalan beberapa waktu, anggapan itu terbukti sesat. Dan sejak itu, saus tomat digunakan sebagai pelengkap masakan dan makanan aja.

12. Kalian tau mamalia darat tersebesar di dunia? Ya, gajah. Nah, bayi gajah yang dari lahir langsung bisa berdiri dan jalan itu kalo ngempeng gimana hayo?

Ternyata mereka memasukkan belalainya sendiri ke mulutnya. Belalainya mungkin diperlakukan seperti bayi manusia yang sering memasukkan jari ke mulutnya, atau empeng, atau malah ngempeng ke ibunya.

Saus tomat buat diare? (foodbeast.com)

Anak gajah dan ibunya (compromiso.atresmedia.com)