Fakta-Fakta Bentrok Tentara Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa

Bentrokan antara tentara Israel dan warga Palestina kembali terjadi. Korban pun jatuh, dengan sejumlah kerusakan di lokasi sekitar Masjid Al Aqsa

Ketegangan antara Israel dan Palestina kembali terjadi sejak Jumat (7/5) lalu. Bentrok antara kedua belah pihak telah menyebabkan jatuhnya korban luka-luka. Insiden ini terjadi di kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.

Kondisi wilayah ini memang rawan konflik. Kali ini, perebutan wilayah masih menjadi alasan terjadinya bentrok ini. Apa sebenanrnya yang terjadi di sana? Berikut adalah rangkuman kejadiannya:

Penyebab

Bentrokan ini awalnya terjadi karena Israel mengancam akan melakukan penggusuran terhadap puluhan ribu warga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah. Hal ini memicu warga untuk melakukan demonstrasi, demi mempertahankan wilayahnya, Pada akhirnya demonstrasi berakhir ricuh dengan serangan Israel ke warga yang ada di kawasan Masjid Al Aqsa.

Fakta-Fakta Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa (via Republika)

Kronologi

Bentrok bermula dari demonstrasi warga yang ingin mempertahankan wilayah. Namun sejak Jumat (7/5) petang, situasi memanas dan berubah menjadi bentrok. Polisi Israel kemudian melemparkan granat kejut, menembakkan peluru karet, dan melakukan pemukulan untuk mengendalikan para demonstran. Hal ini menyebabkan ratusan orang luka dan kerusakan fisik di kompleks Masjid Al Aqsa.

Fakta-Fakta Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa(AP)

Jumlah Korban

Bentrok yang terjadi selama dua malam di kawasan Masjid Al Aqsa menyebabkan jatuhnya korba di kedua belah pihak. Kurang lebih 205 warga Palestina dan 17 polisi Israel dilaporkan mengalami luka-luka.

Fakta-Fakta Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa (Reuters)

Reaksi Internasional

Bentrok ini tak ayal menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Indonesia. Selain itu, Uni Eropa juga ikut mengecam situasi ini dan mendesak pihak yang berwenang untuk segera melakukan sesuatu untuk menurunkan ketegangan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Amerika Serikat dan PBB.

Fakta-Fakta Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa (AFP via Kompas)