Ajaib! Inilah Beragam Manfaat Sering Konsumsi Teh Bunga Telang

Selain penampilannya yang cantik, bunga telang juga ampuh atasi berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

Bunga telang atau yang dikenal dengan nama ilmiah Clitoria ternatea, merupakan salah satu tanaman yang sering tumbuh di pekarangan rumah. Bunga berwarna biru ini sering kali digunakan sebagai pewarna alami. Namun saat ini, bunga telang juga dapat dinikmati sebagai teh.

Dengan rutin mengonsumsi teh bunga telang, kamu bisa merasakan berbagai khasiat bunga ini untuk kesehatan. Nggak percaya? Yuk, kenali beragam manfaat bunga telang yang menyehatkan tubuh berikut ini!

1. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi

Bunga telang ternyata mengandung asam linolenat dan asam palmitat yang disebut bisa mengatasi gangguan mental seperti depresi. Sebuah riset membuktikan, mengonsumsi teh bunga telang saat yoga juga bisa mengatasi gangguan kecemasan. 

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan seyawa yang berperan untuk memproteksi sel sehat di dalam tubuh. Ekstrak metanol dalam bunga telang, berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan. Dipercaya, bunga telang bisa digunakan dalam terapi untuk mencegah atau memperlambat penyaki degeneratif

id.pinterest.com/

3. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat, asam lemak yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Asam oleat sendiri berfungsi untuk megurangi peradangan, dan memiliki efek yang baik untuk mengurangi resiko kanker.

4. Menyehatkan jantung

Dalam sebuah studi, bunga telang mampu menurunkan kadar trigliserida cukup signifikan. Bahkan jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang, sedangkan kolesterol baik (HDL) mengalami peningkatan. Oleh karena itu, bunga telang dipercaya mampu untuk menyehatkan jantung.

id.pinterest.com

5. Mengatasi gejala diabetes

Mengonsumsi bunga telang secara rutin, dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, tentunya bunga telang sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan gula darah.

id.pinterest.com