Perubahan di MotoGP yang Bikin Valentino Rossi Keteteran

MotoGP jadi semakin cepat tahun ini hingga membuat Valentino Rossi semakin sulit untuk kompetitif

MotoGP menjadi semakin tidak bersahabat bagi Valentino Rossi. Pembalap veteran asal Italia tersebut kian tercecer di MotoGP musim ini.

Contohnya saja di sesi balapan MotoGP Jerez, Minggu (2/5/2021) silam saat Rossi mencatatkan waktu tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Pada seri Jerez musim ini, Rossi finis dengan catatan waktu 41 menit 28,333 detik atau berbeda sedikit dengan catatan waktunya di tahun lalu, 41 menit 28,212 detik.

Perbedaan terbesar, jika catatan waktu musim lalu mengantarkan Rossi ke posisi finis urutan ketiga, lain halnya dengan musim ini. Pembalap yang dijuluki The Doctor ini finis di posisi ke-17 atau berbeda 22,7 detik dari Jack Miller yang keluar sebagai juara.

Rossi Lakukan Penyesuaian

Rossi Sendiri menyadari jika MotoGP sudah banyak berubah menjadi semakin cepat. Ia pun sulit mencari jawaban mengapa dirinya tak lagi kompetitif seperti musim lalu, ketika memperkuat tim pabrikan Yamaha.

"Bagi kami, ini jadi alasan sekaligus jawaban kenapa semuanya terasa berubah dengan cepat di MotoGP dari tahun ke tahun. Banyak perubahan yang terjadi dan semua mencoba untuk jadi lebih baik," ungkap Rossi seperti dilansir Paragram dari Crash.

Rossi pun sudah berusaha berbenah dengan melakukan penyesuaian terhadap motor yang ia tunggangi. Meski begitu, hal ini masih kurang untuk bisa membawa Rossi bersaing menembus papan atas klasemen MotoGP.

"Kami mencoba motor dengan spesifikasi yang sama seperti musim lalu, malah lebih baik, namun ternyata performanya tidak sama dan entah kenapa. Saya jadi lebih menderita musim ini. Begitu juga ban motor ini, sebenarnya sama seperti musim lalu tapi cengkeramannya berbeda," imbuh Rossi dilansir dari sumber yang sama.

valentino rossi (motogp)

Rossi Tetap Optimis

Terlepas dari segala macam kesulitan yang ia sedang hadapi sejak awal musim ini bergulir, Rossi masih tetap suarakan optimisme. Bersama dengan timnya, ia terus berbenah untuk memaksimalkan performa di sisa balapan musim ini.

"Kami harus optimistis dan tetap punya motivasi tinggi, melakukan segalanya agar bisa jadi lebih kuat. Kami harus menemukan cara untuk mengembangkan motor ini (motor Petronas Yamaha) jadi lebih baik dan cepat lagi," pungkas Rossi.

valentino rossi (twitter)