Ini Olahraga Ibu Hamil yang Layak Dicoba, Praktekin Gengs

Siapa bilang ibu hamil nggak boleh olahraga? Manfaatnya banya lho kalo dilakukan dengan baik dan benar.

Selama masa hamil, banyak ibu hamil yang merasa ragu untuk menjalankan olahraga. Kamu juga salah satunya? Banyak di antara ibu hamil tersebut merasa ragu karena khawatir terhadap bayi yang ada di dalam kandungan bisa terluka. 

Padahal, jika dilakukan dengan benar, olahraga saat hamil malah bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan ibu dan anak, lho.

Nah, kalo kamu masih ragu, coba konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan atau bidan yang mengiringi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Apabila dokter atau bidan setuju, cobalah lakukan gerakan senam berikut. Kamu pun bisa melakukannya di rumah atau di kantor. Berikut adalah tips olahraga ibu hamil yang layak kamu coba.

1. Berjalan di tempat

Untuk memulai, cobalah dengan gerakan berjalan di tempat selama kurang lebih 15-20 menit. Gerakan ini bisa bermanfaat untuk menguatkan punggung bagian tengah dan bahu belakang. Jika kamu merasa tidak cukup, kamu bisa menambahkan alat lain untuk mendukung gerakanmu. 

Kamu bisa memegang dumbel dengan berat sekitar 1-1,15 kilogram. Setelah itu, arahkan telapak tangan menghadap ke dalam. Lalu, kontraksikan otot perut dengan dada terangkat dan bahu yang relaks. Kemudian, langkahkan kaki menggunakan tumit dan seimbangkan tubuh kamu. Ulangi gerakan ini dengan mengganti kaki.

Contoh gerakan olahraga ibu hamil. (Instagram @bidanherbal.jogja)

2. Membungkuk

Gerakan ini juga memiliki manfaat seperti gerakan sebelumnya. Dengan membungkuk, kamu bisa memperkuat otot punggung tengah dan bahu belakang.

Nah, untuk cara melakukannya, kamu cukup duduk di pinggir kursi dengan kedua lutut ditekuk. Lalu, pegang dumbel dengan relaks. Setelah itu, bungkukkan tubuh ke depan hingga dada mendekati lutut. Usahakanlah agar kepala dan leher bisa segaris dengan tulang punggung, ya. 

Untuk gerakan kedua, kamu cukup angkat kedua lengan dan gerakan ke atas hingga tingginya sejajar dengan bahu. Setelah itu, turunkan ke posisi awal dan ulangi beberapa kali gerakan.

Contoh senam ibu hamil. (Instagram @mommiesclinic)

3. Mengangkat kepala

Gerakan ini nantinya bisa berguna untuk memperkuat otot perut kamu Mom. Cara melakukannya pun tidak sulit. 

Dimulai dengan tiduran secara terlentang lalu meneku kedua lutut secara bersamaan. Setelah itu, letakkan kedua tangan di belakang kepala dan lontarkan ke depan. Gerakan ini bisa mengontraksikan otot perut, sementara otot pantat dalam kondisi rileks. Tentunya dengan catatan pinggang kamu menempel di lantai, ya. 

Untuk gerakan kedua, angkat kepala, leher dan bahu dari lantai. Setelah itu, arahkan bahu kanan ke lutut kiri dengan pinggul yang tetap di lantai. Ulangi dengan arah sebalinya dan secara berulang.

Gerakan menyentuh tumit. (SolusiSehatku.com)