Simak Nih Daftar Makanan dan Minuman Perusak Ginjal

Beberapa makanan dan minuman ternyata bisa merusak ginjal kamu, apa aja sih? Sok atuh, disimak....

Ternyata ada banyak sekali makanan yang dapat membahayakan ginjal kita bila kita sering atau berlebihan dalam mengonsumsinya. 

Tahukah kamu bahwa ginjal kita memiliki batas kapasitas tuk menyaring cairan yang masuk didalam tubuh? Bila overload, maka kamu akan merasakan efek kerusakan pada ginjal. 

Gak banget kan tuh.... Makanya, kamu harus tau daftar makanan dan minuman yang bisa merusak ginjal kita. Cekidot, bosque~

:Gambal ginjal yang rusak ,serem ya :(Tribunnews.com)

1. Minuman bersoda

Biasanya kalau habis panas-panasan enaknya minum minuman bersoda. Soda gembira juga tambah oke banget sih buat meredakan dahaga. Tapi awas, minuman bersoda baik dengan atau tanpa pemanis akan mengakibatkan proses pembatuan pada ginjal.

Sebuah penelitian mengungkapkan mengonsumsi lebih dari dua minuman bersoda setiap hari bisa meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal. Jadi udah deh, lebih baik kita minum air putih aja daripada minuman soda-sodaan yang dapat membahayakan ginjal.

2. Minuman berkafein

Banyak sekali minuman yang mengandung kafein yang tanpa sadar sering sekali kita konsumsi setiap hari. Contohnya teh, dan terutama kopi yang menjadi sahabat setia para kaum nokturnal (yang pada suka begadang).

Tahu gak sih bahwa kafein bisa membebani kinerja pada ginjal kita? Faktanya, kafein dapat merangsang tekanan darah dan hal itu akan mengakibatkan stres pada ginjal.

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan memiliki efek jangka panjang seperti gagal ginjal dan diabetes. Mulai tingalin deh kebanyakan ngopi. Saatnya kamu berpaling ke air putih yang sehat ya.

Minuman bersoda dapat merusak fungsi ginjal (pixabay.com)

3. Sering mengonsumsi daging

Apabila kita terlalu sering mengonsumsi daging dan juga suka diet protein hewani maka perlu kamu pikir-pikir lagi deh. Kenapa? Karena proses metabolisme protein hewani bisa menambah berat kinerja pada ginjal kita. Efeknya akan membuat si ginjal kesulitan menyaring limbah di dalam tubuh.

4. Pemanis buatan

Sitrun adalah salah satu jenis dari ragam pemanis buatan,dan masih banyak lagi ragamnya. Tahukah kamu bahwa pemanis buatan sangat berbahaya bagi ginjal kita.

Berdasarkan riset penelitian Julie Lin dan Gary Curhan dari Brigham and Women's Hospital yang melibatkan voluntir lebih dari 3.000 wanita. Mereka menyimpulkan bahwa degan mengonsumsi pemanis buatan yang terkandung pada minuman soda, berenergi, dan lain-lain, dapat menurunkan fungsi ginjal dua kali lipat.

Serem kan... makanya kurangi pemanis buatan ya.

Sering makan daging bisa merusak ginjal kita. (parenting.co.id)

5. Garam

Gak ada yang mengira dan menyangka bahwa kandungan dari si bumbu dapur ini bisa juga membahayakan ginjal kita. Apabla di konsumsi terlalu banyak ppada makanan garam akan menjadi sangat berbahaya sekali. Pasalnya, ginjal akan merespons dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit di dalam aliran darah. 

Ternyata ga nyangka ya beberapa makanan dan minuman yang seringkali kita konsumsi di setiap hari ternyata malah bisa menjadi musuh dalam selimut. Mulai lakukan pola hidup sehat dan hindari makanan yang ada di dalam daftar di atas ya, gengs.

Garam ternyata bisa merusak ginjal juga. (DetiKepri.com)