Indra Kesuma: Crazy Rich Medan yang Dulunya Pengamen Kini Belanja Miliaran

Indra Kesuma: Crazy Rich Medan yang Dulunya Pengamen Kini Belanja Miliaran

Indra Kesuma, atau populer dengan panggilan Indra Kenz sempat menjadi perbincangan karena kontennya di media sosial. Dalam konten yang ia unggah tersebut, Indra menceritakan kalo baru saja membeli mobil 2,7 miliar Rupiah saat dirinya gabut di jam 3 pagi.

Nggak hanya itu, Indra Kenz juga sering membuat konten tentang barang-barang mewah yang harganya fantastis banget. Itu sebabnya ia sering dijuluki Crazy Rich Medan.

Tetapi siapa yang sangka kalo kesuksesannya itu tercapai di usia 24 tahun berkat usaha dan kerja kerasnya. Sebelum ia punya banyak uang, Indra ternyata sempat bekerja jadi pengamen dan driver online.

"Serius emang pernah jadi pengamen. Karena aku kan anak perantauan ya, aslinya dari Rantauprapat, 7 jam dari Medan. Aku merantau ke Medan nggak punya apa-apa, nggak punya relasi, nggak punya kerjaan, cuma punya gitar. Pertama ke angkringan, nyanyi dengan serius. Biasa orang kalau ngamen kan nyanyi bentar minta duit. Aku nyanyinya 5 lagu, bener-bener dengan hati, abis itu baru dikasih duit," jelas Indra Kenz dikutip dari acara Rumpi di YouTube Trans TV Official.

Indra Kenz (liputan6.com)

Sejak saat itu, Indra pun mulai mengamen di kafe-kafe. Ia sendiri mengaku sudah bergelut menjadi pengamen sejak usia 18 tahun. Setelah itu Indra juga sempat mengikuti sebuah ajang pencarian bakat.

Saat ditanya dari mana sumber penghasilannya saat ini, ia mengaku kalo punya banyak usaha. Namun penghasilan terbesarnya diperoleh dari trading, digital marketing dan investasi.

"Kalau investasi sih sekarang aku banyak sih, di saham ada, di property juga ada, tanah juga ada," jelas Indra.

Indra bercerita kalo ia terjun ke dunia trading sejak 4 tahun lalu, tepatnya di tahun 2017. Namun, karena ia melihat bahwa Indonesia masih sedikit orang yang paham soal trading, ia pun memutuskan untuk membuat sebuah website pembelajaran. Hasil pendapatan dari mengajari orang lain itulah ia gunakan untuk membiayai bisnis lainnya.

Indra Kenz (idntimes.com)

Modal awal yang ia gunakan untuk melakukan trading sebanyak 50 juta Rupiah. Modal tersebut ia kumpulkan dari hasil bekerja serabutan, dari MC, mengamen, penyiar radio hingga pengemudi taksi online.

"Aku nggak pernah maksa orang gabung. Malah orang yang pengin gabung aku tolak-tolakin. Karena gini. Ini edukasi juga ya untuk masyarakat Indonesia. Trading itu bukan sekedar bikin kamu cepat kaya, nggak seperti itu. Tapi kita harus benar-benar memikirkan ada yang namanya resikonya. Kadang-kadang orang tuh salah, jual motor, jual mobil, dan ngutang untuk trading. Aku tolak-tolakin tuh," terang Indra Kesuma atau Indra Kenz.

Indra Kenz (merdeka.com)