Kenali Berbagai Posisi Tidur yang Ternyata Nggak Sehat Untuk Tubuh

Siapa sangka posisi tidur berikut ini ternyata punya efek buruk buat kesehatan. Simak penjelasannya!

Salah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk hidup adalah tidur. Aktivitas ini dapat membuat tubuh kembali bertenaga, segar, dan regenerasi sel dapat terjadi. Namun, ternyata ada beberapa posisi tidur yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Penasaran posisi tidur seperti apa yang sebaiknya kamu hindari? Yuk, simak langsung penjelasannya.

1. Posisi Tengkurap

Posisi tengkurap mungkin banyak menjadi favorit banyak orang. Tapi siapa sangka posisi tidur ini yang paling bahaya loh. Pasalnya posisi tidur dengan perut menghadap kasur ini bisa menyebabkan kerusakan tulang belakang, membuat leher berputar dan badan tertekan yang menyebabkan sirkulasi pernapasan menjadi tidak baik.

(Istockphoto)

2. Posisi Meringkuk

Tidur dengan posisi ini dapat menyebabkan sakt leher dan punggung. Selain itu posisi meringkuk, dimana lutut ditekuk mendekati dada bisa mengakibatkan ketegangan pada punggung dan sendi, apalagi jika lutut dan dagu diselipkan di dada.

(sociolla.com)

3. Tidur Dengan Kepala Lebih Tinggi

Posisi kepala lebih tinggi ketika tidur dapat mengakibatkan hyperflexion dan leher tertarik. Parahnya posisi tidur dengan kepala lebih tinggi dapat mengurangi asupan oksigen sehingga berdampak pada asma, sleep apnea, dan penyakit kardiovaskular.

(Unsplash)

4. Posisi bintang laut

Beberapa pakar mengatakan bahwa tidur dengan posisi bintang laut akan meningkatkan kemungkinan mendengkur dan dapat memicu naiknya asam lambung.

Itulah penjelasan berbagai posisi tidur yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. Ada baiknya kamu hindari ya posisi-posisi tersebut.

(networkposting.com)