Kenali Beragam Manfaat Kurma, Makanan Khas Bulan Puasa

Kurma merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, karena berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut sunnah Rasul, mengkonsumsi kurma sangat dianjurkan ketika berbuka puasa ataupun sahur. Selain dikonsumsi langsung, kurma juga biasa dijadikan bahan campuran masakan atau kue. Rasanya yang manis dan tekstur yang khas pastinya memanjakan lidah siapa saja yang memakannya.

Kurma sendiri merupakan buah khas Timur Tengah yang mengandung banyak nutrisi, antara lain karbohidrat, serat, protein, kalium, magnesium, mangan, zat besi, vitamin B6, antioksidan, vitamin K, dan asam folat. Oleh karena itu, mengonsumsi kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran dengan manfaatnya? berikut ini ulasannya.

1. Menjaga kesehatan alat pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi dalam kurma bermanfaat untuk kesehatan alat pencernaan. Rutin mengkonsumsi kurma, bisa membantu untuk menghindari diare atau sembelit.

(freepik.com)

2. Mencegah lonjakan gula darah

Kurma juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena bisa membuat karbohidrat diserap lebih lambat dan mencegah lonjakan gula darah.

(freepik.com)

3. Mencegah radikal bebas

Buah kurma mengandung antioksidan, antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi sel dan jaringan tubuh dari berbagai risiko penyakit yang disebabkan oleh stres. Sehingga rutin mengonsumsi kurma dapat mencegah dan mengurangi efek radikal bebas.

(freepik.com)

4. Memenuhi cairan tubuh

Dianjurkan untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa guna mengembalikan cairan tubuh, karena kurma mengandung air yang cukup banyak.

(freepik.com)

5. Mengatasi alergi

Tidak banyak buah yang mengandung belerang, buah kurma mengandung belerang yang bermanfaat untuk mengurangi reaksi alergi pada alat pernapasan.

(freepik.com)

6. Mencegah penyakit anemia

Kandungan zat besi dalam kurma cukup tinggi. Zat besi membantu dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Vitamin C dan B6 yang terkandung dalam kurma merangsang produksi hemoglobin guna mengobati anemia.

(freepik.com)