Saat ini Indonesia sudah memiliki banyak Bank Digital yang sering digunakan. Para penyedia layanan perbankan juga mulai mengincar pasar bank digital yang saat ini sudah mulai menarik banyak minat masyarakat karena bentuknya yang praktis.
Layanan Jenius milik Bank BTPN yang diperkenalkan tahun 2016 masih menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Kemudian banyak bank konvensional lain yang juga ikut membuat program serupa seperti Digibank (DBS), Bang Jago (ARTO), TMRW (UOB), D-Save (Danamon) dan masih banyak lagi yang akan muncul karena sejumlah besar industri perbankan di Indonesia dilaporkan sudah mulai mengajukan izin untuk membuat bank digital.
Lalu apa sih keuntungan dan kelebihan dari menggunakan bank digital selain kepraktisannya?
jenius (jenius.com)
Layanan Keuangan yang Inklusif
Ciri utama bank digital yang berbeda dari bank konvensional adalah dari cara mereka melakukan operasionalisasi dan ekspansi jangkauan layanan. Bank digital cukup mengandalkan teknologi digital dengan sistem IT yang baik untuk bisa melakukan semua layanan secara online termasuk dalam ekspansi ke wilayah lain.
ilustrsai cs (freepik.com)
Layanan 24 Jam
Dengan layanan 24 jam, memungkinkan nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan secara online hanya menggunakan ponsel dan koneksi internet untuk membuka rekening, mengakses layanan keuangan hingga penanganan cepat ketika ATM hilang atau tertelan. Lalu karena semua serba online, biaya administrasinya juga turun dibanding dengan bank konvensional.