Kalian Wajib Tahu, Inilah Gitaris Legendaris Indonesia yang Mendunia

Ternyata banyak loh gitaris berbakat yang sudah go Internasional dari Indonesia.

Musik kurang lengkap kalau tanpa gitaris, itu menurut beberapa pendapat orang. Dan faktanya, banyak gitaris berbakat dari Nusantara yang sudah go internasional kok. Nih, ada beberapa gitaris yang kamu harus tahu kalo kamu ngaku penikmat musik Indonesia.

I Wayan Balawan

Beliau akrab dikenal dengan panggilan Balawan. Gitaris ini mendalami gitar dengan gaya 8 finger tap independent yang mampu menyihir para pendengarnya. Balawan punya gaya khas sendiri, sehingga beliau dapat di perhitungkan oleh dunia sebagai gitaris berkharisma.

Balawan lahir di Bali, 9 September 1973. Gitaris yang biasa beraksi dengan gitar double-neck ini mengenyam pendidikan musik di Australian Institute of Music, Sydney, Australia.

Tohpati

Tohpati Ario Hutomo lahir di Jakarta, 25 Juli 1971. Dia lebih dikenal dengan Tohpati aja. Dia juga dikenal sebagai gitaris dan penulis beberapa lagu populer di Indonesia.

Tohpati beken sebagai gitaris musik jazz dengan gayanya yang khas. Dia sering berkolaborasi dengan beberapa artis ternama hingga dikenal dunia internasional lewat teknik bermainnya yang terlihat rumit tapi asik.

Dewa Budjana

Salah satu punggawa Gitar grup band GIGI ini bernama lengkap I Dewa Gede Budjana. Beliau lahir di Sumba Barat, 30 Agustus 1963. Beliau dikenal oleh fansnya dengan nama Dewa Budjana.

Selain piawai dengan aliran pop dan rock, ternyata dia memiliki beberapa kolaborasi aliran fushion dengan beberapa musisi kenamaan lainnya. Maka dari itu, Dewa Budjana juga dikenal oleh dunia karena musiknya lebih banyak dipengaruhi unsur etnik khas Indonesia.

Jubing Kristianto

Musisi ini memiliki nama lengap Jubing Kristianto. Beliau lahir di Semarang, 9 April 1966. Dia adalah seorang gitaris finger style Indonesia yang banyak menjelajahi repertoar. 

Jubing mengunakan gitar klasik sebagai senjatanya. Kelihaian bermainnya membawa beliau dikenal di dunia. Petikannya yang khas dan indah mampu membius banyak penikmat musik. Apalagi lagu-lagu yang dimainkannya kebanyakan cukup akrab dengan masa kecil kita.

Ian Antono

Siapa sih yang gak kenal gitaris legendaris di era tahun 80-an ini? Legenda hidup ini adalah gitaris dari grup band rock Indonesia, mana lagi kalo bukan dari God Bless.

Beliau mempunyai nama lengkap Jusuf Antono Djojo yang lahir pada 20 Oktober 1950 di Malang, Jawa Timur. God Bless dikenal di berbagai negara di zamanya. Termasuk si legenda hidup om Ian Antono ini.

Wah, ternyata banyak ya musisi berbakat di negara kita. Namanya pun harum juga tuh di belantika musik dunia. Karena ini zaman kita, udah saatnya kita juga dikenal dunia. Ayo berkarya dan asah terus kreativitas kalian.