Tips Aman Berpuasa Buat Penderita Diabetes, Batasi Porsi!

Tips aman berpuasa bagi penderita diabetes, harus di bawah pengawasan dokter!

Puasa memang dikenal memberi banyak manfaat buat kesehatan. Namun, ada orang dengan kondisi tertentu yang tidak diperbolehkan puasa, salah satunya bagi penderita diabetes. 

Orang yang memiliki penyakit tersebut biasanya dilarang berpuasa karena berpotensi membuat gula darah dan kadar insulinnya jadi tidak terkontrol. Dengan cara tertentu, penderita diabetes masih bisa berpuasa, kok. Apa saja tipsnya? Catat, ya. 

1. Berkonsultasi dengan Dokter

Bagi penderita diabetes, puasa bisa mempengaruhi gula darah dan tekanan darah. Jadi, kalau kamu sedang menjalani pengobatan atau terkena darah tinggi, dokter mungkin perlu melakukan penyesuaian tertentu selama puasa. Kalau kamu tetap ingin berpuasa, selalu lakukan di bawah pengawasan dokter, ya. 

Penderita diabetes puasa (Thinkstock)

2. Periksa Kadara Gula

Gula darah yang tidak terkontrol dan dehidrasi bisa saja menyebabkan penglihatan jadi kabur, detak jantung tidak teratur, pusing, pingsan, hingga kebingungan. Tentu nggak mau kan hal ini terjadi? Maka itu, kamu perlu memeriksa kadar glukosa darah guna memantau kondisi tubuh. 

3. Jaga Cairan Tubuh

Selama sahur dan berbuka, kamu harus menjaga cairan tubuh. Selain itu, coba untuk tetap berada di tempat yang sejuk agar terhindar dari cuaca panas di bulan Ramadhan. Batasi aktivitas fisik yang berpengaruh dalam mengurangi jumlah  cairan, ya.

Penderita diabetes puasa (pexels)

4. Jauhi Makanan Manis dan Hindari Makan Berlebih

Makanan manis dan tinggi karbohidrat bisa mempengaruhi kadar gula. Sehingga, lebih baik konsumsi makanan berlemak tinggi yang akan membuat kenyang lebih lama serta meningkatkan gula darah. Selain itu, hindari juga makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka. Kalau itu dilakukan, bisa menyebabkan lonjakan gula darah. 

Nah, itulah beberapa tips aman berpuasa bagi penderita diabetes. Sederet langkah tadi harus kamu lakukan di bawah pengawasan dokter, ya!