Minum Kopi Pas Sahur Berdampak Buat Kesehatan, Aman Nggak Ya?

Minum kopi pas sahur beresiko bikin badan jadi lemas di saat puasa.

Sahur jadi salah satu hal yang biasa dilakukan bagi mat muslim ketika menjalankan puasa. Soalnya, kita bakal menahan rasa lapar dan haus hampir seharian. Nggak heran kalau banyak orang sengaja ngenyangin perut pas sahur. Tapi ada juga yang malah minum kopi, bukannya air. Hmm, kira-kira bagus nggak ya buat kesehatan? Cari tau, yuk!

Bikin Dehidrasi

Dilansir dari berbagai sumber, minum kopi saat sahur ternyata nggak bagus. Sifat diuretik yang dimiliki kopi bakal memberikan efek buang air kecil secara terus-menerus. 

Ujung-ujungnya, kamu bolak-balik kamar mandi melulu dan tubuh akan kekurangan cairan yang bisa menyebabkan dehidrasi. Lain kali, banyakin minum air putih aja ya pas sahur.

Minum kopi pas sahur (Shutterstock)

Muncul Rasa Mual

Inget, sifatnya kopi itu asam. Jadi, kalau kamu meminumnya pas sahur, bisa-bisa timbul rasa mual saat menjalani puasa. Dalam kondisi terburuknya bisa muntah beneran. 

Makanan yang kamu santap pas sahur jadi terbuang dan kamu bakal kekurangan energi untuk menjalani hari, deh. Nggak mau kan puasanya jadi sia-sia? 

Waktu yang Aman Buat Minum Kopi

Sebenarnya, minum kopi boleh-boleh aja dan nggak dilarang kok. Asalkan diminum di waktu yang tepat. Jangan minum pas sahur, kopi boleh dikonsumsi di waktu berbuka. Juga, berikan waktu satu atau dua jam setelah buka puasa, ya. 

Pasti nggak mau kan puasamu jadi terbuang sia-sia dan batal gara-gara minum kopi pas sahur? Minum kopi masih boleh kok, asal pilih waktu yang tepat, ya. 

Minum kopi pas sahur (Shutterstock)