4 Makanan yang Harus Dihindari Jadi Menu Sahur, Bikin Gampang Lapar!

Deretan makanan yang sebaiknya kamu hindari dimakan saat sahur, bisa bikin tubuh jadi lemas!

Sebelum berpuasa, biasanya umat muslim disarankan untuk sahur biar kuat dan lebih bertenaga selama menjalankan puasa. Tapi kamu tau nggak, ternyata ada beberapa makanan yang harus dihindari jadi menu sahur. Lalu, makanan apa saja kah itu? Cari tau, yuk!

1. Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Makanan dengan kandungan garam tinggi ternyata bisa meningkatkan resiko dehidrasi. Mengonsumsi makanan tersebut akan mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap cairan. Selain itu, makanan yang kandungan garamnya tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Makanan yang dihindari saat sahur (unsplash)

2. Makanan Pedas

Akan lebih baik buat menghindari makan makanan pedas selama puasa, apalagi saat sahur. Bisa-bisa perut kamu nggak nyaman dan bikin produksi asam lambung meningkat. Nggak cuma itu, makanan pedas bisa menyebabkan sakit perut, mules, bahkan diare. 

3. Makanan Berlemak

Kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya memang menggoda buat disantap pas sahur. Dibalik kenikmatannya, makanan itu justru mengandung lemak jenuh yang bisa bikin masalah pada lambung. Asupan jenis ini sebaiknya dihindari pengidap maag. 

Makanan yang dihindari saat sahur (Gettyimages)

4. Makanan Manis

Makanan manis memang dianjurkan buat dimakan pas buka puasa, tapi nggak tepat kalau jadi menu sahur. Sebenarnya boleh aja, tapi jangan berlebihan. Soalnya, asupan makanan manis bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Alhasil, pankreas akan melepas hormon insulin dan efeknya bisa membuat tubuh kamu terasa lemas, capek, dan gampang ngantuk. 

Kalau kamu mau tetap kuat selama berpuasa, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi sederet makanan tadi, ya.