Siapkan 5 Hal Ini Jika Kamu Akan Berkunjung ke Korea Selatan

Siapkan 5 Hal Ini Jika Kamu Akan Berkunjung ke Korea Selatan

Kenapa sih kebanyakan orang suka menonton drama Korea? Dari sejuta alasan yang muncul, kamu pasti setuju kalau tiga alasan ini berada di posisi teratas: oppa tampan yang romantis, objek wisata yang indah, serta kuliner dan budayanya yang unik.

Maka nggak aneh kalau sebagian penduduk dunia ini punya impian untuk studi dan berkarier di Korea Selatan. Apakah kamu juga salah satu dari mereka? Jika iya, kamu harus bekerja keras dan menyiapkan mental untuk menghadapi culture shock yang akan kamu hadapi di sana nantinya.

Korea Selatan in the real life nggak akan sama persis seperti drama Korea. Saat kamu pergi dan tinggal di Korea, kamu akan menghadapi beberapa culture shock berikut ini:

1. Dunia malam non-stop

Kamu pasti nggak asing lagi dong sama drama Korea berjudul Itaewon (2020). Ya, seperti yang kamu lihat, drama ini menampilkan kehidupan penduduk lokal di suatu daerah bernama Itaewon, yang tampaknya tidak pernah berhenti bergerak.

Khususnya kehidupan sosialisasi di malam hari. Mulai dari party hingga aktivitas hang out yang umum dilakukan oleh anak-anak muda. Semuanya berlaku di kehidupan nyata di Korea Selatan. Baik di Itaewon maupun daerah-daerah lainnya di Korea Selatan.

Hebatnya, meski begitu Korea Selatan terkenal aman karena pemerintah menyediakan security pada setiap distrik. Belum lagi, polisi bertugas untuk menjaga setiap jalan di sepanjang perkotaan. Hal ini terbukti dari bagaimana Seoul disebut minim tindak kejahatan meskipun dunia malam terus berjalan.

Dunia Malam di Itaewon, Korea Selatan (KlikDokter)

2. Minum bersama rekan kantor

Nggak sedikit drama Korea yang menampilkan kisah terkait dunia pekerjaan. Alhasil, kamu pun menyadari beberapa budaya yang berlaku di perkantoran. Salah satunya adalah kultur minum bersama rekan kerja, baik sambil makan bersama maupun melakukan karaoke.

Akan tetapi, tahukah kamu? Di Korea Selatan, kultur ini dipandang sebagai kewajiban sosial yang harus dijalani. Jika seseorang menolak ajakan rekan kerja untuk minum bersama, maka orang tersebut biasanya dipandang secara negatif. 

Minum Bersama Rekan Kantor Merupakan Salah Satu Budaya di Korea Selatan (ERA.ID)

3. Semua terkoneksi

Tidak tersangkalkan jika Korea Selatan merupakan satu dari negara maju di Asia. Hal ini terbukti dari bagaimana pemerintah menyediakan fasilitas internet di setiap sudut kota, termasuk tempat-tempat publik. And you know what?! It's free and connected in 24 hours!

Alhasil, para penduduk lokal maupun orang asing yang tinggal di Korea Selatan akan saling terkoneksi melalui sambungan internet. Pekerjaan atau aktivitas lainnya yang bersifat online-pun akan semakin mudah untuk dilakukan. Buat yang suka streamingan, nggak ada lagi tuh ngeluh soal koneksi atau kehabisan kuota.

4. Jalan dulu, jalan lagi, jalan terus

Sebagai negara maju, Korea Selatan menyediakan berbagai macam transportasi umum. Namun, pada akhirnya, kamu akan tetap dituntut untuk membiasakan berjalan kaki kala memasuki jalan-jalan kecil menuju tempat tinggal, kafe, atau tempat sejenis lainnya.

Belum lagi, Korea Selatan merupakan negara dengan mayoritas lahan perbukitan sehingga kamu akan menemukan banyak tanjakan maupun tangga yang cukup tinggi. Tapi nggak apa-apa deh, kebiasaan ini selain hemat juga bisa bikin kamu sehat, kan?

5. Fashion is everywhere

Dalam Drama Korea Selatan, para pemainnya selalu memperhatikan penampilan. Bahkan gaya berbusana mereka sering jadi inspirasi dunia dan lebih sering disebut K-Fashion. Siapa nih K-Fashion artis idola kamu?

Saat mengunjungi Korea Selatan, kamu tidak perlu kesulitan mencari referensi dari artis idola. Soalnya tren K-Fashion akan kamu temukan dari penduduk lokal yang berlalu-lalang di sana-sini.

Mayoritas orang Korea Selatan sangat peduli dengan penampilan. Tidak hanya kecantikan tubuh dan wajah, tetapi juga penampilan dalam berbusana. Alhasil, kamu pun jadi semakin termotivasi untuk menunjukkan the best version of you.

Jadi, sudah siap mengunjungi Korea Selatan?

Fashion Wanita Korea Selatan (The Klog)