Ada Beberapa Tipe Orang Shalat Tarawih, Kamu Tipe yang Mana?

Ada Beberapa Tipe Orang Shalat Tarawih, Kamu Tipe yang Mana?

Nggak terasa sebentar lagi kita bakal menyambut bulan Ramadhan. Selain menjalankan ibadah puasa, para muslim juga melaksanakan shalat tarawih. Nah, dari sekian banyak orang yang lagi tarawih, nggak jarang ada beberapa diantaranya yang suka nggak fokus shalat. Berikut adalah beberapa tipe orang saat shalat tarawih. 

# Yang demen update di status

Kalau tipe yang satu ini biasanya datang tarawih di awal dan akhir puasa doang. Soalnya ya niat dia solat memang untuk kepentingan status media sosialnya. Biasanya yang model kayak gini ambil selfie pas lagi pakai mukena. Terus di postingan fotonya ditulis caption "Alhamdulillah ketemu sama bulan Ramadan lagi" atau "Alhamdulillah udah selesai salat tarawihnya".

Nah tipe yang pertama ini biasanya suka datang tawarih cuma di awal atau akhir puasa doang. Karena ya...niat dia sebenarnya bukan shalat, tapi demi masang status aja di media sosial. 

Biasanya nih yang model kayak gini doyan ngambil selfie pas make mukena. Lalu di posting deh di media sosial dengan caption-caption ala menyambut bulan Ramadhan. Nah setelah di minggu kedua atau ketiga umumnya kamu nggak ketemu lagi nih sama tipe-tipe orang ini.

Yang demen update di status (freepik.com)

# Yang suka shalat bolong-bolong

Sebagian orang menjalankan ibadah tarawih hingga 23 rakaat. Dan beberapa orang diantaranya akan merasa kelelahan kalo harus ibadah hingga 23 rakaat. Apalagi kalo udah ketemu imam yang suka baca surat panjang-panjang. Makin menambah rasa malas, deh.

Oleh karena itu, tipe orang seperti ini biasanya akan menjalankan ibadah tarawih sesuka hati saja. Alias bolong-bolong. Saat melakukan empat rakaat, umumnya tipe ini akan istirahat dulu, lalu akan ikut lagi ketika menjelang rakaat terakhir. 

Atau ada juga yang akhirnya memilih buat menjalankan 11 rakaat saja, sambil mencari masjid atau mushola yang imamnya berdoa dengan tempo cepat dan memilih surat-surat pendek.

Yang suka shalat bolong-bolong (suara.com)

# Yang doyan rumpi

Berikutnya ada juga tipe orang yang ibadah jalan, tapi maksiat juga jalan. Soalnya saat tarawih di mesjid, mereka bakal ketemu sama jamaah lain buat ngerumpi. Apapun bisa menjadi topik pergosipan. Mulai dari membahas mukena orang, sendal orang atau ngomongin tetangga.

Nggak cuma sekedar ngerumpi, kadang kala tipe-tipe begini suka ngobrol dengan nada kencang. Jadinya malah bikin berisik. Mereka suka nggak peduli tuh kalo ada orang disekitarnya yang lagi khusyuk ibadah dan berdoa. 

# Yang khusyuk dan fokus ibadah

Nah kalo tipe yang begini memang patut jadi contoh. Sebab, orang tersebut memang niatnya ke masjid ya untuk ibadan dan berdoa. Orang dengan tipe ini nggak peduli dengan orang lain yang lagi sibuk selfie, rebahan atau gosip di mesjid. Pokoknya kalo imam sudah berdiri, dia akan segera berdiri juga untuk melangsungkan shalat.

Yang khusyuk dan fokus ibadah (artikula.id)

# Yang demen jajan

Kalo tipe ini biasanya sih anak-anak yang sering melakukan. Mereka suka jajan dulu sebelum berangkat ke mesjid buat tarawih. Bahkan nggak jarang mereka suka bawa jajanannya tuh ke dalam masjid, sampe-sampe ditegur sama penjaganya. 

Nah, itu dia beberapa tipe orang shalat tarawih di mesjid. Kira-kira kamu termasuk tipe yang mana nih, guys?