Membanggakan, Tempat Makan Masakan Indonesia di Luar Negeri yang Kalian Harus Tahu

Di luar negeri ada beberapa restoran atau tempat makan masakan Indonesia yang cukup terkenal. Kalian harus tahu tempat-tempat ini kali aja mau mampir pas liburan.

Jika kalian sering menemukan tempat makan yang menyajikan menu dari berbagai negara lain di Indonesia, seharusnya kalian juga perlu tahu kalau masakan lokal bisa juga ditemukan di manca negara. Tempat makan ini menyajikan menu yang memang biasa kalian temui di sekitar rumah. Tetapi belum tentu ada di sana.

Perlu kalian ketahui restoran ini cukup terkenal di masing-masing negara. Pelanggan mereka tidak hanya orang-orang Indonesia yang kebetulan mengunjungi negara tersebut atau memang menetap di sana. Penduduk asli juga kerap terlihat menikmati hidangan yang ada. Apa dan di mana saja tempat makan masakan Indonesia ini?

1. Djakarta Bali (Prancis)

Tempat makan pertama bernama Djakarta Bali. Ia terletak di distrik Les Halles Paris. Restoran ini menyajikan beragam menu lokal dar daerah Jawa, Sumatra, dan Bali. Antara lain seperti pepes ikan, sambel goreng udang, dan lumpia. Kalau sempat menjajal tempat ini, tak ada salahnya sambil dengerin lagu La Javanaise-nya Serge Gainsbourg gengs.

Restoran Djakarta Bali di Kota Paris (thefork.com)

2. Gastrobar Indonesia (Belanda)

Pengalam Belanda dan Indonesia bisa dikatakan sangat dekat meskipun memiliki sejarah yang buruk. Wajar jika ada tempat makan masakan Indonesia di sana. Tepatnya di Kota Amstel, Amsterdam. Kalian bisa mendapatkan menu umum yang digemari orang Indonesia seperti sate, lemper keriting, risoles, dan daging giling.

Tempat makan khas Indonesia di kota Amsterdam (tripadvisor.com)

3. Kasih Resturant (Amerika Serikat)

Percaya nggak kalau tempat makan yang terletak di Little Tokyo, Los Angeles ini masuk dalam daftar restoran terbaik setempat. Pasalnya mereka menyajikan makanan khas dalam negeri yang diolah dengan cara yang lebih modern. Seperti tempe lettuce wraps, babi guling, bakmi goreng, dan nasi goreng.

Restoran di Amrik yang menyediakan makanan Indonesia (dtlaer.com)

4. Sendok Garpu by Bunda Alicia (Australia)

Australia punya tempat makan yang asik jika kalian kangen masakan Indonesia. Sendok Garpu yang terletak di kota Brisbane ini menawarkan menu masakan Indonesia yang original. Antara lain cap cay, telor balado, ayama kalasan, dan iga sapi rica-rica.

Tempat makan masakan Indonesia yang tersohor di Austalia (wonderfulindonesiarestaurant.com)

5. Sari Ratu (Singapura)

Tempat makan masakan Indonesia terakhir dalam daftar ini bernama Sari Ratu yang bertempat di Lucky Plaza. Menu andalan mereka adalah masakan padang, makanan paling favorit perut-perut lapar. Selain itu mereka juga menyediakan ikan bawal bakar, ikan masin, gulai telor ikan, dan telor gulai.

Jadi gimana gengs, kapan kalian akan tersesat di negara-negara tersebut dan mencicipi masakan Indonesia di sana?

Sari Ratu berada di Orchad Road Singapura (bisnisfirzi.com)