Seperti Ananda Omesh, Bagaimana Bisa Orang Terpapar Covid-19 Lebih Dari Sekali?

Ternyata orang bisa terpapar Covid-19 lebih dari satu kali seperti yang dialami Ananda Omesh.

Beberapa waktu lalu Ananda Omesh memberikan pernyataan di media sosial bahwa dirinya terpapar Covid-19. Kondisi saat itu merupakan yang kedua bagi suami Dian Ayu tersebut. Sebelumnya, Ananda Omesh pernah terpapar namun diketahui sebagai OTG atau Orang Tanpa Gejala.

Namun saat kedua kalinya terpapar virus mematikan tersebut, justru kondisi Omesh memperihatinkan. Kekebalan tubuhnya benar-benar melemah dan membuatnya harus dilarikan ke Rumah Sakit untuk melakukan pemulihan dan isolasi mandiri. 

Alhasil 2 minggu berada di RS, kondisinya membaik.

Ananda Omesh (Instagram @omeshomesh)

Memang banyak yang terkejut saat tahu Omesh kembali terpapar Covid-19. Lantaran selama ini banyak orang yang merasa bila sudah pernah terkena Covid-19, maka tidak akan terpapar untuk kali kedua karena antibodi dalam tubuh sudah terbentuk guna menangkal masuknya virus tersebut, 

Ananda Omesh (Grid.ID)

Menurut Direktur Pencegahan dan Perawatan Pneumonia di China Japan Friendship Hospital di Beijing, Li QinGyuan memaparkan bahwa orang yang sudah terkena Covid-19 mengembangkan antibodi pelindung namun belum jelas berapa lama perlindungan itu berlangsung dalam tubuh mereka. "Banyak pasien yang telah sembuh ada kemungkinan kambuh," kata Li dikutip dari Kompas.

Agar kejadian yang dialami Ananda Omesh dengan terkena Covid-19 dua kali terjadi pada orang lain, sebaiknya semua masyarakat bisa tetap menjaga kesehatan dirinya dan orang lain. Jangan pernah sekalipun meremehkan akan ganasnya virus Covid-19 yang sampai saat ini masih ada di sekitar kita.

Ilustrasi Covid-19 (Kementerian Kesehatan)