Varian Baru Virus Corona Terus Bermunculan, Apa yang Harus Dilakukan?

Virus corona hingga saat ini terus bermutasi dan meninggalkan dampak buruk pada kesehatan masyarakat. Bagaimana kita mencegahnya?

Sudah lebih dari setahun berlalu, pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda usai. Bahkan hingga saat ini, virus corona terus bermutasi dan muncul varian-varian baru yang tak kalah ganas.

Namun tenang ya guys. Jangan panik, karena kamu bisa melakukan pencegahan terhadap hal ini. Agar virus corona tidak semakin menyebar, coba lakukan langkah-langkah sederhana ini mulai sekarang:

Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan

Ini adalah hal yang mutlak harus kamu lakukan. Jaga jarak, pakai masker, dan hindari kerumunan tetap menjadi aturan yang harus kamu patuhi. Selain itu, kamu juga harus segera membersihkan diri setiap kali pulang bepergian.

Protokol Kesehatan (alodokter.com)

Tingkatkan Perlindungan Diri

Seiring dengan bermutasinya virus corona, maka kamu harus memberikan perlindungan lebih pada tubuhnya. Jika kamu biasa mengenakan masker hanya satu lapis, maka mulai sekarang gunakan masker dobel. Pastikan juga kamu tidak menurunkan masker di tempat umum. Selain itu, kamu juga harus semakin memperhatikan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Tingkatkan perlindungan diri (via Alodokter)

Ganti Hand Sanitizer dengan Sabun


Menggunakan hand sanitizer awalnya memang jadi langkah praktis untuk membunuh kuman yang menempel di tubuh. Namun penelitian menunjukkan bahwa sabun anti bakteri jauh lebih efektif membunuh kuman.

Cuci tangan pakai sabun (bisnis.com)

Perhatikan Ventilasi Udara


Walaupun kamu membatasi kegiatan di luar, kamu juga tetap harus memperhatikan kondisi rumah. Jangan sampai keberadaanmu di dalam rumah justru membuatnya berantakan dan tidak memenuhi standard kesehatan. Salah satu cara adalah memperhatikan ventilasi agar aliran udara segar bisa masuk ke dalam rumah.

Ventilasi udara (via Magiclean)

Berpartisipasi dalam Vaksinasi


Langkah paling penting yang harus kamu lakukan adalah ikut dalam vaksinasi. Jangan masa bodo dengan hal ini karena keikutsertaanmu akan memberikan sumbangsih besar dalam pemberantasan virus corona yang terus bermutasi.

Vaksinasi (via Kompas)