10 Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina dan Vulva Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

10 Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina dan Vulva Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Menjaga kesehatan vulva dan vagina akan membantumu mencegah infeksi dan ketidaknyamanan lho Ladies. Terutama mencegah perubahan yang tidak biasa pada keputihan. Sebab bisa jadi itu tanda bahwa mungkin ada masalah di daerah kewanitaanmu. 

Daerah kewanitaan yang harus kamu perhatikan dan jaga kebersihannya adalah mulai dari vulva atau daerah di luar vagina hingga vagina itu sendiri. Atau lubang tempat darah menstruasi dan bayi keluar.

Nah, untuk tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vulva dan vagina, yuk langsung aja baca penjelasannya di bawah ini!

1. Gunakan air hangat untuk mencuci vulva. Keringkan dengan handuk bersih. (Jika vulva sangat teriritasi, kamu dapat mencoba mengeringkannya dengan pengering rambut yang disetel dalam keadaan dingin.)

2. Vagina sebenarnya punya kemampuan membersihkan dirinya sendiri secara alami dalam bentuk keputihan normal. Hindari menggunakan douche kecuali ditentukan oleh doktermu ya. Sebab tindakan douche bisa mengganggu keseimbangan alami organisme.

3. Kenakan hanya pakaian dalam katun 100 persen berwarna putih. Hindari penggunaan nilon, asetat, atau serat buatan lainnya jika kamu memiliki kulit halus atau rentan terhadap iritasi vulva.

Organ intim wanita (vulva dan vagina) (healthline.com)

4. Bilas pakaian dalam dengan hati-hati setelah dicuci atau dibilas dua kali. Hindari menggunakan terlalu banyak deterjen.

5. Gunakan sabun lembut untuk mencuci pakaian dalam. Hindari pelembut kain dan deterjen dengan enzim (amilase, lipase, protease, dan selulosa).

6. Gunakan tisu toilet yang lembut (hanya berwarna putih).

7. Gunakan pembalut wanita kain atau menstrual pad daripada produk pembalut sekali pakai yang banyak bahan kimianya untuk mengontrol perdarahan menstruasi. 

Contoh celana dalam berbahan katun (orami.co.id)

8. Mandi setiap setiap hari, dan jangan menyabuni daerah kewanitaan.

9. Hindari memakai stoking nilon atau panty girdle. Mereka memerangkap panas dan kelembapan, menyediakan lingkungan perkembangbiakan yang ideal bagi organisme. 

10. Hindari produk kebersihan wanita berikut, yang dapat mengiritasi vulva: pembalut wanita, semprotan feminin dan deodoran, minyak wangi, mandi busa, minyak mandi, atau bedak.

Itu tadi 10 cara menjaga kesehatan dan kebersihan vulva dan vagina tujuannya untuk menjaga agar vulva tetap kering dan bebas dari iritasi. Dengan cara di atas, kamu dapat mencegah vulva menjadi merah, bengkak, dan teriritasi. Karena banyak infeksi yang masuk ke dalam vagina. Selain itu, tips ini juga memberikan dasar untuk perawatan vagina yang baik.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Pembalut kain yang lebih aman digunakan (suara.com)