Beberapa Kelebihan Introvert yang Gak Dimiliki Sama Kepribadian Lain

Beberapa Kelebihan Introvert yang Gak Dimiliki Sama Kepribadian Lain

Banyak yang salah kaprah soal pribadi introvert yang anti sosial, nggak suka keramaian, pemalu dan nggak punya teman. Padahal, nyatanya kepribadian introverts nggak seperti itu, lho. Orang yang punya kepribadian introvert akan mendapatkan banyak energi saat dia sendirian. Sehingga banyak yang mengira kalau introvert adalah orang-orang yang anti sosial.

Hm, tapi menariknya, orang introvert punya banyak banget kelebihan yang belum tentu dimiliki kepribadian lain. Apa saja? Berikut beberapa contohnya. 

1. Pendengar yang baik

Menurut penulis Beth Buelow, sifat alami seorang introvert adalah pendengar yang baik. Introvert cenderung menjadi seorang teman yang bisa dihubungi kapanpun saat senang atau sedih. Kelebihannya, introvert bakal mudah mendengarkan, memahami dan memberikan masukan untuk merespon orang yang sedang cerita atau curhat.

2. Jeli dan teliti

Berikutnya, orang introvert bakal sering mengamati hal-hal yang nggak diperhatiin orang lain pada umumnya. Walau terlihat santai, sebenarnya introvert selalu menyerap informasi dengan sangat kritis. Mereka cenderung memperhatikan secara jeli dan teliti gerak-gerik tubuh atau ekspresi orang di sekitarnya.

3. Orang yang romantis

Pendengar yang baik (spunoutie.com)

Ya, karena sikapnya yang perasa, kebanyakan introvert bisa memberikan ruang privasi kepada pasangannya sehingga nggak selalu melekat. Di sisi lain, introvert juga akan selalu punya waktu buat dengerin dan support pasangannya tanpa harus merasa perlu untuk berbicara tentang diri mereka sendiri.

4. Jago menciptakan jaringan

Introvert juga ahli dalam menciptakan jaringan atau nggak berpatok ke sejumlah orang dalam jaringan yang dia bangun. Mereka juga suka mempelajari setiap orang yang ia temui, meskipun hanya segelintir orang. Inilah yang menjadi kelebihan introvert karena mudah membuat orang untuk tertarik padanya.

5. Menjadi pemimpin yang banyak disukai

Orang yang romantis (myjewishlearning.com)

Kelebihan introvert berikutnya adalah kemampuannya untuk menjadi pemimpin terbaik karena mereka bisa menyoroti kekuatan tim mereka. Introvert bakal cenderung mempelajari banyak hal soal bawahan mereka, memantau anggotanya untuk bisa terampil, sehingga hubungannya dengan tim bakal kuat banget.

Nggak jarang juga, kepribadian introvert bakal banyak membantu tim nya biar bisa berkembang dan bahagia di tempat kerja. 

6. Bisa menjadi teman yang berkualitas

Karena sering merasa energinya terkuras habis kalo berada di keramaian, introvert pun akan semakin bijak dalam menjalin pertemanan. Introvert lebih menyukai pertemanan secara intim meskipun dalam lingkaran yang kecil. Nggak heran, sosok dengan kepribadian ini termasuk orang-orang yang setia, perhatian dan punya komitmen.

Menjadi pemimpin yang banyak disukai (inlea.com)