Bahan Alami Pengganti Obat Nyamuk, Tanpa Kandungan Kimia Berbahaya

Alternatif obat nyamuk alami buat kamu yang pengen lebih sehat dan sensitif.

Nyamuk menjadi salah satu msalah yang bakalan terus ada di negara tropis. Nyamuk bakalan selalu ada baik diperkotaan maupun di desa-desa.

Meski banyak obat nyamuk yang bisa digunakan, tapi semua itu mengandung bahan kimia. Bisa berbahaya bagi kesehatan dengan pemakaian jangka panjang atau gak sesuai dengan aturan. Apalagi untuk orang yang sensitif dan menderita sakit tertentu. Gak bisa menghirup bahan kimia dari obat nyamuk.

Berikut ini beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Menggunakan bahan alami yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan.

1. Tutup jendela dan ventilasi

Jika memang kamu tinggal di daerah yang banyak nyamuk, persiapkan sejak dini. Tutup lubang ventilasi dengan kasa nyamuk. Tutup jendela di malam hari atau gunakan tirai yang bisa rapat menutup dan menghalangi nyamuk.

Pengusir nyamuk alami (wikipedia.org)

2. Batasi perkembangan nyamuk

Nyamuk akan berkembang biak di dalam genangan air atau tempat-tempat yang menyimoan air. Bersihkan barang-barang bekas dan gak terpakai supaya gak jadi sarang nyamuk. Kuras kamar mandi dan tempat penimpanan air secara berkala untuk membersihkan jentik nyamuk.

3. Gunakan tanaman pengusir nyamuk

Beberapa tanaman secara alami gak disukai sama nyamuk. Tanaman ini punya aroma yang gak disukai nyamuk. Beberapa tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan adalah marigold, tulsi, serai, serai wangi -yang satu ini lebih menyukai iklim dingin-, mint, dan catnip.

Tanaman pengusir nyamuk (99.co)

4. Gunakan lemon dan cengkeh

Nyamuk gak suka dengan bau cengkeh dan lemon. Gunakan dua jenis bahan alami ini untuk sekaligus menjadi pengharum ruangan. Kamu bisa gunakan cengkeh asli yang diletakkan di dalam piring. Gunakan juga irisan kulit lemon untuk pengharum ruangan. Kamu juga bisa mencari pengharum ruangan dengan aroma cengkeh atau lemon. Tapi lebih baik yang asli gengs.

5. Bawang putih

Tumbuk atau blender bawang putih lalu campurkan dengan air. Saring dan ambil airnya. Gunakan untuk menyemprot ruangan dan mengusir nyamuk. Sama kayak kalau pakai obat pembasmi nyamuk semprot.

Bawang putih punya kandungan zat aktif yang gak disukai sama nyamuk.

6. Perangkap air sabun

Air sabun bisa dijadikan perangkap nyamuk. Karena mereka suka hinggap di perairan terutama buat bertelur. Ketika hinggap di air sabun, nyamuk bisa mati dan gak jadi bertelur gengs.

Selamat mencoba ya gengs...

Pakai lemon (britanica.com)