Sempat Bergelimang Harta, Begini Nasib Bos First Travel Anniesa Hasibuan dan Andika Surachman Sekarang

Hidup mewah sesaat, akhirnya merana juga karena uang hasil menipu.

Penipuan yang berkedok agama rasanya jahat banget kan gengs? Apalagi penipuan pemberangkatan haji. Banyak orang yang bersusah payah untuk bisa berangkat haji. Nabung lama bahkan sampek masa senja baru bisa berangkat haji atau umroh.

First Travel sempat bikin heboh karena travel satu ini melakukan penipuan. Ada sekitar 3000 korban calon jemaah yang akhirnya batal berangkat. Uang mereka juga entah bisa kembali atau gak.

Anniesa Hasibuan dan Andika Surachman selaku bos First Travel menikmati harta melimpah. Rumah dan kehidupan mewahnya diperoleh dari menipu calon jemaah haji dan umroh. Suami istri tersebut akhirnya harus mendekam di balik jeruji.

Uan yang mereka kumpulkan juga ludes entah ke mana. Kalau dihitung banyaknya calon jemaah yang menyetorkan uangnya buat biaya haji dan umrah, dari tahun 2017 hingga 2018, seharusnya mencapai satu triliun rupiah. Tapi harta yang tersisa cuma Rp25 miliar saja.

Penipuan bos Fisrt Travel (gridr.co.id)

Uang haram itu hilang begitu aja. Diduga buat hidup mewah dan jalan-jalan keliling dunia. Sampek gak kerasa kalau itu menghabiskan banyak uang meski baru satu tahun.

Andika Surachman dihukum 20 tahun penjara. Sedangkan sang istri Anniesa Hasibuan dijatuhi hukuman 18 tahun kurungan penjara. Padhal mereka menikmati kekayaan cuma selama satu tahun.

Gak cuma harus mendekam di penjara puluhan dan belasan tahun. Anniesa harus meninggalkan buah hati yang baru aja dilahirkan. Selama 4 tahun sudah anak yang gak tahu apa-apa itu hidup tanpa perawatan orang tua.

Hidup mewah sesaat (fimela.com)

Bos travel itu berjanji akan mengembalikan uang semua korbannya. Namun harta mereka juga akan tetap disita, hingga pengembalian uang itu mengalami kendala.

Pertengahan tahun 2020 lalu, mereka mengajukan permohonan pengajuan kembali (PK) atas harta mereka yang disita negara. Meminta agar aset mereka dikembalikan kepada jemaah yang gagal diberangkatkan ke tanah suci. Untuk membayar ganti rugi.

Karena penipuan yang mereka lakukan, kini kedua bos itu hidup dipenjara dan harus meninggalkan anak kecil. Padhal sebelumnya bisa hidup mewah.

Emang ya gengs, hidup mewah karena uang panas itu bisa jadi bencana akhirnya.

Merana setelahnya (liputan6.com)