Stres Bisa Bikin Jerawat Tambah Parah, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya Gengs

Jerawat bikin jerawat rajin datang ke wajahmu? Lakukan langkah sederhana ini.

Apakah Anda pernah merasa stres lalu bangun pagi dengan hiasan jerawat di wajah? Stres mempengaruhi banyak hal, termasuk kesehatan kulit.

Jadi mengapa kita bisa jerawatan saat kita stres?

Jerawat didefinisikan sebagai 'kondisi kulit umum yang mempengaruhi kebanyakan orang di beberapa titik. Ini menyebabkan bintik-bintik, kulit berminyak dan terkadang kulit yang panas atau nyeri saat disentuh.

Selanjutnya, Healthline menyatakan bahwa 'stres tidak bisa langsung menyebabkan jerawat'. Para peneliti telah menemukan bahwa luka, termasuk jerawat, jauh lebih lambat dalam penyembuhannya ketika seseorang sedang stres.

Penyembuhan jerawat yang lebih lambat berarti jerawat bertahan lebih lama dan lebih rentan jadi makin banyak gengs. Udah sembuhnya lama, jumlahnya jadi semakin banyak.

Stres bisa menyebabkan pola makan yang buruk. Hal ini semakin memicu timbulnya jerawat. Pola makan yang buruk secara langsung terkait dengan munculnya jerawat. Mungkin bukan stres sebenarnya yang menyebabkan bintik-bintik itu, tapi karena pola makan yang buruk.

Stres dan jerawat (verywellmind.com)

Tapi awal dari pola makan yang buruk adalah stres yang gak tertangani dengan baik. Yah, jadi lingkaran setan yang harus diputus dengan meredakan stresmu gengs. Istirahat dan menjakan diri untuk membuat stres hilang.

Dua tips ampuh untuk megatasi jerawat:

1. Cuci riasan sebelum tidur

Ini adalah suatu keharusan. Setelah hari yang melelahkan kadang kamu lupa membersihkan wajah dengan benar. Kulit membaik secara alami pada malam hari. Kalau kamu gak menghapus riasan, sebenarnya kamu sendiri yang mencegah terjadinya proses perbaikan alami kulit.

Bisa menyebabkan tanda-tanda kelelahan yang terlihat dan masalah lainnya. Kulit gak bisa bernafas dan memperbaiki dirinya sendiri.

Pola makan berubah (womeneat.com)

2. Tidur di atas sarung bantal sutra atau satin

Tip kecil ini sangat berguna. Sarung bantal katun menyerap kelembapan, kotoran dan minyak. Kotoran ini menumpuk dan bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan kulit kering, pecah-pecah dan menyebabkan jerawat.

Kalau kamu ingin menghindari penumpukan kotoran dan minyak, mungkin sudah saatnya mengganti sarung bantal yang lebih lembut.

Supaya kamu gak lebih stres, ketika jerawat muncul sadari aja bahwa itu hal yang normal. Kamu gak usah panik ya gengs, nanti malah tambah stres.

Kamu masih bisa tetep cantik meski ada jerawat dan ini gak selamanya. Tetap tenang, perbaiki pola makan dan gunakan erawtaan wajah yang tepat.

Bersihkan wajah (skincraft.com)