Viral, Penjual Bakso Di Jepang Fasih Bahasa Jawa Harganya Fantastis

Orang Jepang asli nih bisa bahasa Jawa dan jualan bakso di Jepang.

Di Indonesia, bakso dan mie ayam jadi makanan kesukaan banyak orang. Jenis makanan yang umum dan bakalan cocok di semua jenis lidah deh pokoknya. Penjaja kulinr ini juga ada di mana-mana dan semakin banyak.

Mau siang atau malam, makan bakso atau mie ayam ya enak aja. Apalagi di Jawa, satu ruas jalan bisa lebih dari satu penjual bakso dan mie ayam.

Apakah bakso ada di negara lain?

Sebuah video viral karena memperlihatkan penjual bakso di Jepang yang fasih bahasa Jawa. Bukan orang Jawa kok gengs, tapi asli orang Jepang beneran.

Video penjual bakso di Jepang ini diunggah sama akun TikTok @akulibra02 asal Madiun, Jawa Timur. Dia sedang bekerja di Jepang dan kebetulan menemukan penjual bakso ini.

Dia bersama teman-teman Indonesia lainnya membeli bakso di Shikoku, Kota Matsuyama, Ehime, Jepang. Jualannya menggunakan mobil dan sederhana gitu gengs. Tapi kalau kalian lihat pernak-pernik jualannya bakalan inget Indonesia.

Ilustrasi bakso (resepkoki.com)

Ada saos, pelengkap bakso, mangkuk, kuali yang dipanaskan di atas kompor, hingga menu yang menggunakan bahasa Indonesia.

"Ada yang jual bakso keliling cek, daerah Shikoku bisa merapat," bunyi keterangan di video itu.

Penjual yang gak diketahi siapa namanya itu bisa fasih bahasa Jawa ketika melayani tamu asal Indonesia ini. Menunya ada bakso beranak, bertelur, ayam bakar, martabak telur, lumpia, hingga kerupuk jengkol. Khas Indonesia banget deh.

Menunya asli Indonesia (TikTok @akulibra02)

Kalau dibandingkan dengan di Indonesia harganya terbilang fantastis gengs. Bakso di Jepang dijual Rp98 ribu hingga Rp111 ribu lebih per mangkuk. Tapi ya tetep ramai pembeli, harga bahan baku di sana juga pasti beda. terus jarang yang jualan makanan kayak gini.

Buat kamu yang tinggal di Jepang bisa mampir ke sini nih gengs. Atau kamu bisa juga coba buka kedai makanan Indonesia di jepang.

Fasih bahasa Jawa (TikTok @akulibra02)